Ekonomi

Atas Pencapaian dalam Program PEPELING Cisangku, ANTAM Diapresiasi Penghargaan BCOMSS 2024


Suara.com – Atas pencapaiannya dalam Program Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pelestarian Lingkungan Cisangku (PEPELING Cisangku) di Unit Bisnis Pertambangan (UBP) Emas, PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM), yang merupakan anggota PT Mineral Industri Indonesia (Persero) (MIND ID) – BUMN Holding Industri Pertambangan meraih Penghargaan BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) 2024. Acara ini diselenggarakan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), di Tenis Indoor Senayan, Jakarta, Kamis (7/3/2024).

Antam meraih Awarding Sustainability kategori Creating Shared Value (CSV) peringkat Silver. Penghargaan diserahkan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir kepada Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko ANTAM, Elisabeth RT Siahaan.

Pada kesempatan itu, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Antam, Elisabeth RT Siahaan mengatakan, sebagai perusahaan pengelola sumber daya alam yang terintegrasi dari hulu ke hilir, sudah menjadi komitmen Antam untuk bertumbuh bersama dengan masyarakat yang ada di sekitar wilayah operasi perusahaan.

“Salah satu wujud komitmen tersebut dilaksanakan melalui program PEPELING Cisangku di UBP Emas, yang melibatkan masyarakat Kampung Cisangku. Melalui program ini, perusahaan melakukan pemberdayaan masyarakat berbasis pelestarian lingkungan dengan sasaran penguatan ekonomi, sosial, budaya, dan kelembagaan masyarakat di Kampung Cisangku. Kami mengapresiasi pemberian penghargaan BCOMSS 2024 atas upaya creating shared value yang dilakukan Perusahaan. Ke depan, Antam akan terus berkomitmen untuk bisa memberikan manfaat yang sebaik-baiknya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai program tanggung jawab sosial dan lingkungan di seluruh wilayah operasi demi mencapai keberlanjutan,” katanya.

PEPELING Cisangku merupakan salah satu program tanggung jawab sosial dan lingkungan yang dilakukan Antam di wilayah operasi UBP Emas. Kegiatan ini diinisiasi oleh Antam melalui UBP Emas bersama Kelompok Model Kampung Konservasi (MKK) Cisangku pada tahun 2019, dengan melihat kebutuhan masyarakat sekitar Kampung Cisangku.

Adapun lokasi Kampung Cisangku berada di dalam Kawasan TNGHS. Kegiatan patrol kawasan secara partisipatif dilakukan oleh kelompok MKK Cisangku untuk memastikan keamanan dan kelestarian kawasan hutan dari kegiatan illegal logging, pembukaan lahan, dan perburuan.

Lebih dari itu, Antam juga melakukan beberapa program seperti restorasi kawasan yang diimplementasikan melalui rehabilitasi lahan kritis hingga upaya pembibitan tanaman endemik Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Hal ini dilakukan sebagai upaya menjaga kelestarian lingkungan.

Ada pula beberapa kegiatan pemberdayaan ekonomi melalui pengembangan usaha pembuatan pupuk kompos, budi daya domba, budid aya ikan nila, serta pengembangan ekowisata, yang dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kampung Cisangku.

Program ini mampu memberi manfaat bagi masyarakat Kampung Cisangku, terutama dalam hal peningkatan ekonomi masyarakat yang diikuti dengan peningkatan pelestarian lingkungan di Kawasan TNGHS.

Saat ini, sebanyak 37 warga Kampung Cisangku telah menerima manfaat dari program yang dilakukan oleh Antam. Masyarakat dan perusahaan sama-sama mendapat keuntungan dengan terbantunya pemenuhan kewajiban pelaksanaan reklamasi di sekitar wilayah operasi dengan biaya yang lebih efisien.

Antam berusaha untuk selalu mewujudkan creating shared value, sebagai salah satu perwujudan pilar keberlanjutan Antam yang diadaptasi dari MIND ID Sustainability Pathway, yaitu Pilar Pengembangan Ekonomi. Sustainability Pathway menjadi pedoman bagi seluruh anggota MIND ID untuk mewujudkan komitmen dalam melaksanakan kegiatan pengelolaan sumber daya mineral secara berkelanjutan, yang merupakan  perwujudan dari Sustainable Development Goals (SDGs) 8 untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang insklusif dan berkelanjutan, serta SDGs 10 yang bertujuan untuk mengurangi kesenjangan.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button