Otomotif

Cegah Pencurian Barang, Bus di Arab Saudi Ini Punya Cara Mujarab : Okezone Otomotif

JAKARTA – Peristiwa pencurian di bus milik PO Rosalia Indah mengejutkan banyak orang. Apalagi diduga peristiwa itu sering kali dialami oleh pengguna bus.


Tidak heran jika masyarakat meminta supaya andai bus-bus memasang CCTV untuk mencegah terjadinya tindakan kriminal. Apalagi memasang CCTV di bus sebenarnya tidak terlalu merepotkan.

Ambil contoh bus-bus pariwisata di Arab Saudi yang memang telah banyak memasang CCTV.

 BACA JUGA:

Bus-bus pariwisata di Arab Saudi banyak digunakan oleh wisatawan untuk beribadah di Tanah Suci, Mekkah dan Madinah. Menariknya aksi pencurian di bus-bus pariwisata tersebut justru sangat jarang terjadi.

Pasalnya sudah tidak asing lagi bus-bus tersebut telah dilengkapi dengan CCTV. Tidak main-main jumlah CCVT yang dipasang mencapai tiga unit. Ketiga CCTV tersebut bakal terus memantau segala kegiatan yang terjadi di dalam bus baik tengah berjalan atau beristirahat.

“Sudah jadi standar keamanan bus-bus pariwisata dilengkapi dengan CCTV,” ucap Rayyan, dari Kementerian Informasi, Komunikasi, dan Teknologi Kerajaan Arab Saudi, saat berkunjung ke Arab Saudi dalam rangka GCC-Asean Summit 2023 yang berlangsung pekan ini.

Rayyan mengatakan sebenarnya tindakan kriminal seperti pencurian di dalam bus pariwisata sangat rendah. Hanya saja mereka pihak otoritas memang meminta supaya andai operator bus pariwisata tetap memasang CCTV.

 BACA JUGA:

Dalam pengamatan MNC Portal Indonesia ketiga CCTV yang ada di bus memang ditempatkan di posisi berbeda. Tepatnya pas di bagian pintu masuk bus yang ada di bagian depan dan bagian tengah.

Sebanyak dua CCTV dipasang di bagian pintu depan bus dan sisanya di bagian pintu tengah. Menariknya sopir bus bisa memonitor CCTV secara langsung.

Pasalnya seluruh rekaman langsung dikirimkan ke layar monitor berukuran 10 inci yang di dahsboard bus.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Layar itu juga memiliki fungsi lain bukan hanya menampilkan rekaman CCTV. Layar itu juga bisa berfungsi sebagai kamera 360 derajat. Jadi sopir bus bisa memantau kondisi bus dalam keadaan baik setiap kali berjalan, berhenti, hingga parkir.

Sopir bus juga dibuat senyaman mungkin saat bekerja. Terutama saat kondisi cuaca panas menyengat. Sopir bus bisa mengatur tirai yang ada di jendela depan secara elektrik.

Para penumpang bus pariwisata juga ikut merasa nyaman karena kursi bus didesain dengan sangat mewah karena balutan kulit yang sangat nyaman. Alhasil bus Yutong buatan China yang digunakan benar-benar terasa nyaman.

Dari segi fasilitas memang tidak terlalu mewah. Hanya saja bus-bus pariwisata di Riyadh setidaknya bisa memberikan rasa nyaman dan aman selama menggunakan bus pariwisata tersebut. Saat ini pemasangan CCTV di bus sebenarnya tidak terlalu mahal dan rumit.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button