Gaya Hidup

Astra Infra bersama kepolisian terapkan rekayasa lalin

Jakarta (ANTARA) – Memasuki H-4 jelang Lebaran, volume lalu lintas di ruas tol Astra Infra terpantau mengalami peningkatan signifikan pada tanggal 6 April 2024.

Total sebanyak 327 ribu kendaraan melintasi ruas tol Astra Infra di Tangerang – Merak, Cikopo – Palimanan, dan Jombang – Mojokerto.

Secara akumulatif, sejak 31 Maret 2024 (H-10) hingga 6 April 2024 (H-5) lebaran, tercatat 1,9 juta kendaraan telah melintasi ketiga ruas tol Astra Infra. Meningkat 0,2% dibandingkan periode yang sama pada Lebaran 2023.

Baca juga: Astra Infra imbau pemudik rencanakan perjalanan dengan baik

Baca juga: Astra Infra berlakukan diskon tarif di tiga ruas tol yang dikelolanya

“Astra Infra terus bekerja sama dengan pihak terkait khususnya kepolisian, untuk dapat melakukan berbagai upaya mengurai kepadatan dan antrean yang terjadi, serta memberikan pelayanan untuk kenyamanan pengguna jalan pada puncak arus mudik ini,” ujar Group Chief Operating Officer Astra Infra, Billy Perkasa Kadar.

Di ruas tol Tangerang – Merak, Pada 6 April 2024, dari total 147 ribu kendaraan melintas, tercatat sekitar 8 ribu kendaraan melintasi Gerbang Tol Merak menuju ke arah Pelabuhan Merak. Sesuai data yang disampaikan oleh

Kementerian Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, pada tahun ini jumlah pemudik via Pelabuhan Merak dan Ciwandan mengalami kenaikan signifikan.

Karena hal tersebut, pada 5-6 April 2024 terjadi antrean sepanjang sekitar 8 KM menjelang Gerbang Tol Merak, imbas dari antrean di Pelabuhan Merak. Untuk mengatasi antrean dan menjaga kenyamanan pengguna jalan, Astra Infra Toll Road Tangerang – Merak telah melakukan tindakan

sebagai berikut :

1. Berkoordinasi dengan kepolisian, dan mendukung implementasi delaying system di TIP (tempat istirahat dan pelayanan) KM 43 dan 68 arah Merak, serta membatasi lajur transaksi di Gerbang Tol Cikupa untuk mengurangi kepadatan antrian di Pelabuhan Merak, sesuai diskresi kepolisian.

2. Dilakukan pengaturan jumlah gardu transaksi termasuk 2 gardu tandem di Gerbang Tol Merak dan bantuan petugas untuk tapping kartu uang elektronik pengguna jalan guna percepatan transaksi.

3. Petugas membagikan makanan dan minuman untuk pengguna jalan yang telah lama mengantri di Gerbang Tol Merak. Sehingga pengguna jalan tetap dalam kondisi prima dan nyaman dalam perjalanan.

4. Untuk kenyamanan pengguna jalan, petugas secara rutin melakukan pembersihan jalur dan penyiagaan sekitar 400 unit toilet, termasuk portable toilet, yang tersebar di KM 94 – 96 arah Merak.

5. Astra Infra Toll Road Tangerang – Merak turut membantu mensosialisasikan informasi tiket penyeberangan di tanggal 6-8 April 2024 yang sudah sold out melalui VMS dan berbagai media komunikasi lainnya, untuk mencegah pengguna jalan terjebak antrean.

Agar kondisi pengguna jalan tetap prima, Astra Infra Toll Road Tangerang Merak mengimbau pengguna jalan yang

melintas dapat memanfaatkan fasilitas toilet dan mushola yang terdapat di Rest Area KM 43, KM 68, serta setiap kantor gerbang Tol Tangerang – Merak.

Untuk mempercepat transaksi di gerbang tol, pengguna jalan juga diimbau untuk dapat memastikan kecukupan saldo e-toll sebelum melakukan perjalanan, atau melakukan pengisian saldo di rest area sebelum menuju ke gerbang keluar tol.

Pada Sabtu, 6 April 2024 (H-4) Tercatat 124 ribu kendaraan melewati Ruas Tol Cikopo – Palimanan. Bila dibandingkan dengan prediksi, terdapat peningkatan sejumlah 1%. Angka realisasi tersebut meningkat 20% bila dibandingkan dengan hari periode yang sama tahun lalu (H-4), sedangkan bila dibandingkan Lalu Lintas Harian (LHR) terdapat peningkatan sebesar 112%.

Sebagai upaya mengurangi kepadatan pemudik pada hari puncak arus mudik, sesuai diskresi kepolisian rekayasa lalu lintas one way telah diterapkan di KM 72 ruas tol Cikopo – Palimanan hingga KM 414 tol Semarang – Batang sejak 5 April 2024 pukul 21.50 WIB.

Selain itu, untuk menambah keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan, Astra Tol Cipali mendukung pihak kepolisian melakukan penertiban untuk pengguna jalan yang beristirahat di bahu jalan.

Astra Infra bersama kepolisian terapkan rekayasa lalin. (ANTARA/Ho)

Astra Tol Cipali juga melakukan sosialisasi melalui VMS maupun sarana edukasi lainnya untuk mendorong pengguna jalan mengutamakan keselamatan dan ketertiban selama di perjalanan.

Adapun di ruas tol Jombang – Mojokerto, terpantau lalu lintas masih landai, dengan jumlah kendaraan melintas pada 6 April 2024 sebesar 55 ribu kendaraan, meningkat 29% dari hari sebelumnya, atau 58% dari lalu lintas harian normal.

Astra Infra mengimbau pengguna jalan untuk tetap mengutamakan keselamatan dengan menjaga batas kecepatan dan beristirahat jika lelah, mengantuk, atau telah berkendara selama 4 jam berturut-turut. Pengguna jalan juga diimbau untuk menjaga fasilitas dan beristirahat secukupnya di rest area.

Jika rest area penuh, pengguna jalan juga dapat memanfaatkan tempat istirahat di luar jalan tol, untuk kemudian kembali masuk tanpa tambahan biaya. Astra Infra mengingatkan pengguna jalan untuk tidak beristirahat di bahu jalan kecuali dalam kondisi darurat, karena berbahaya dan dapat turut mengganggu arus lalu lintas.

Baca juga: Korlantas prediksi puncak arus mudik Tol Trans Jawa Sabtu malam

Baca juga: 26.400 kendaraan pemudik masuk tol Kalikangkung Semarang

Baca juga: Polresta Cirebon: 208.706 kendaraan sudah melintasi Tol Cipali

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button