Otomotif

Libur Nataru Lewat Jalan Tol, Perhatikan Ini supaya andai Perjalanan Aman : Okezone Otomotif

JAKARTA – Jalan tol menjadi jalur yang paling banyak dilalui oleh masyarkat yang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) menggunakan mobil pribadi.


Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selama berada di jalur bebas hambatan tersebut.

Libur Nataru akan menjadi momen yang tepat untuk liburan atau kembali ke kampung halaman. Kementerian perhubungan (Kemenhub) juga memprediksi sebanyak 26,03 juta jiwa (24,19 persen) warga akan bepergian dengan mobil pribadi.

 BACA JUGA:

Agar lebih siaga, pahami daftar yang perlu diwaspadai selama berada di jalan tol supaya dapat diantisipasi saat mengemudikan mobil.

1. Medan Jalan Tol

Jalan Tol Trans Jawa relatif lurus dan membuat pengemudi mudah mengantuk. Beberapa jalan tol memiliki medan jalan menanjak dan menurun sehingga pengemudi harus menjaga kewaspadaan dan memastikan mobil sanggup melaluinya.

Sementara jalan Tol Trans Sumatera belum diketahui oleh banyak pengemudi sehingga harus lebih waspada.

2. Jalan Kurang Mulus

Efek tak baik melibas jalan yang kurang mulus bisa sangat besar karena kecepatan mobil yang tinggi.

Jangan mengerem mendadak atau pindah lajur untuk menghindar karena berisiko kecelakaan yang dapat melibatkan mobil lain. Untuk mengatasinya, cukup lepas pedal gas dan biarkan mobil menabrak lubang. Kemudian, jalan perlahan dan rasakan apakah ada potensi masalah, segera berhenti kalau benar.

3. Ban Mobil Pecah

Ban kempis atau tekanan angin tak sesuai berpotensi tinggi pecah, sementara ban terlalu keras membuatnya sulit dikendalikan. Perhatikan kondisi telapak dan dinding ban, jika dirasa bermasalah segera ganti

4. Aquaplaning

Aquaplaning merupakan fenomena yang dapat terjadi kapan saja saat mobil melaju di jalan yang basah. Aquaplaning dapat menahan telapak ban mobil tidak menyentuh permukaan jalan sehingga kehilangan traksi dan mobil tergelincir. Kurangi kecepatan bila turun hujan atau jalan tol basah untuk mengurangi risiko aquaplaning.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

5. Rest Area Penuh

Rest area merupakan sarana penting saat berkendara di jalan tol untuk istirahat dan isi ulang bensin. Masalahnya saat musim libur Nataru, rest area pasti penuh oleh pengunjung yang memiliki kebutuhan sama.

Usahakan isi bensin penuh sebelum masuk jalan tol dan atur strategi masuk rest area yang paling pas.

6. Bijaksana dengan Sesama Pengguna Jalan

Kecelakaan akibat kecerobohan orang lain kerap terjadi. Untuk itu, jaga jarak aman dengan kendaraan di depan dan tidak perlu menutup jalan mobil lain yang pindah lajur tiba-tiba. Meski benar secara hukum, tapi mencegah kecelakaan tetap jauh lebih baik.

7. Kondisi Kendaraan

Pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima. Jika merasa ada maslah, Anda dapat mengunjungi Posko Siaga Auto2000 24 Jam yang sanggup melayani kebutuhan servis berkala dan pekerjaan perbaikan kendaraan ringan dengan waktu pengerjaan di bawah 2 jam.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button