Ekonomi

PLN Indonesia Power pastikan pembangkit EBT andal layani libur Lebaran


Kami bersama seluruh personel siaga, yang ada di UBP Saguling, akan selalu memastikan keandalan pembangkit yang ada

Jakarta (ANTARA) – PT PLN Indonesia Power memastikan pembangkit listrik bersumber dari energi baru dan terbarukan (EBT) yakni PLTA Saguling, Jawa Barat, dalam kondisi andal untuk melayani masyarakat saat libur Lebaran 2024.

Direktur Utama PLN Indonesia Power (PLN IP) Edwin Nugraha Putra dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, mengatakan manajemen secara langsung mengawal dan memastikan keandalan pembangkit di Central Control Room (CCR) PLTA Saguling.

Pembangkit EBT tersebut berkontribusi terhadap sistem kelistrikan Jawa-Bali, yaitu sebesar 2,7 persen dari total 27.700 MW dan juga sebagai black start sistem jaringan 500 kV Jawa-Madura-Bali saat terjadi kendala kelistrikan.

Edwin melanjutkan UBP Saguling mempunyai peran penting dalam sistem kelistrikan Jawa-Bali, listrik yang dihasilkan disalurkan melalui Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Saguling dan diinterkoneksikan ke sistem jaringan se-Jawa dan Bali melalui saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET) 500 kV.

“Kami bersama seluruh personel siaga, yang ada di UBP Saguling, akan selalu memastikan keandalan pembangkit yang ada, baik yang modern hingga heritage, yang mana banyak dari pembangkit kami di UBP Saguling berdiri sejak zaman kolonial, namun hingga kini masih tetap andal dalam memasok listrik,” katanya.

Edwin menambahkan PLN IP UBP Saguling saat ini mempunyai kapasitas terpasang sebesar 844,36 MW dengan ditopang tujuh subunit dan satu unit PLTA, di bawah naungan anak perusahaan PLN IP yaitu Rajamandala Electric Power. Total untuk unit PLTA Saguling saja berkapasitas 700,72 MW.

Sementara itu, Senior Manager PLN IP UBP Saguling Doni Bakar mengatakan selain menyuplai listrik Jawa-Bali, PLTA Saguling juga berperan dalam mengamankan sistem Jawa-Bali apabila terjadi gangguan listrik.

“Ketika terjadi gangguan, PLTA Saguling masih dapat dioperasikan sebagai black start sekaligus berperan menjadi pengisian tegangan untuk menopang Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Suralaya yang menjadi backbone kelistrikan Jawa-Bali,” ungkapnya.

Adapun tujuh subunit dari UBP Saguling yaitu PLTA Bengkok dan Dago 3,85 MW (Kota Bandung), PLTA Plengan 6,87 MW (Kab Bandung), PLTA Lamajan 19,56 MW (Kab Bandung), PLTA Cikalong 19,20 MW (Kab Bandung), PLTA Ubrug 18,36 MW (Kab Sukabumi), PLTA Kracak 18,90 MW (Kab Bogor), PLTA Parakan Kondang 9,90 MW (Kab Sumedang) dan PLTA Rajamandala dengan kapasitas 47 MW.

Baca juga: PLN Indonesia Power kerahkan ribuan personel saat malam takbir

Baca juga: PLN Indonesia Power membangun ekosistem biomassa untuk cofiring PLTU

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button