Daerah

BPBD Kobar bantu proses evakuasi helikopter milik BNPB – ANTARA News Kalimantan Tengah


Pangkalan Bun (ANTARA) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah memberikan bantuan logistik untuk mendukung kelancaran proses evakuasi Helikopter jenis Mi-8 dengan nomor registrasi EX-08042, yang mendarat mendadak di wilayah Mendawai Seberang.

“Kami di sini membantu apabila ada keperluan keperluan yang mendadak, bantuan logistik seperti konsumsi untuk para tim yang melakukan evakuasi dan juga enam kru pesawat yang turun di sini,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Kobar Martogi Siallagan di Pangkalan Bun, Kamis.

Hal tersebut disampaikannya saat ia turun langsung ke lapangan untuk memberikan bantuan kepada tim TNI Angkatan Udara (TNI AU) Lanud Iskandar Pangkalan Bun dan Tim TNI Angkatan Darat (TNI AD) Kodim 1014/Pbn, yang dikerahkan untuk melakukan evakuasi terhadap helikopter milik BNPB pusat.

Martogi mengatakan, helikopter milik BNPB ini mengalami insiden saat perjalanan dari Palembang ke Kotawaringin Barat dengan tujuan akhir ke Banjarmasin. Helikopter ini akan digunakan untuk melakukan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan Selatan.

Baca juga: PJ Bupati dan Ketua KONI Kobar saksikan ke atlet bulutangkis bertanding

“Helikopter ini membawa enam orang awak pesawat. Alhamdulillah semuanya dalam keadaan selamat,” bebernya.

Martogi mengungkapkan, sejak terjadinya pendaratan darurat Rabu (26/7)  pukul 15.00 WIB, pihaknya langsung turun ke lokasi hingga hari ini untuk memberikan bantuan konsumsi.

“Sejak kemarin kami sudah turun ke lokasi, namun tidak menginap, pesawat tersebut di jaga oleh anggota TNI, pada pukul 20.00 WIB kami pulang, dan kembali lagi hari ini membawa konsumsi untuk para tim,” ucapnya.

Sampai saat ini belum di ketahui pasti penyebab dari mendaratnya helikopter tersebut di lahan gambut di wilayah Kotawaringin Barat.

“Tim hingga saat ini, masih melakukan upaya evakuasi, dan untuk penyebab pastinya masih belum dapat informasi lebih lanjut,” demikian Martogi.

Baca juga: Pemkab Kobar siap sukseskan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih

Baca juga: Tim grasstrack Kobar sapu bersih medali emasPorprov Kalteng

Baca juga: Helikopter BNPB mendarat mendadak di lahan gambut wilayah Kobar




Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button