Ekonomi

Harta Kekayaan Sukanto Tanoto dan Gurita Bisnis, Pantas Enteng Beli Hotel Mewah di Shanghai


Suara.com – Sosok Sukanto Tanoto sedang mencuri perhatian publik. Pasalnya, Ia baru-baru ini membeli hotel mewah di China. Hal ini pun lantas membuat publik penasaran, berapa harta kekayaan Sukanto Tanoto? Berikut ulasannya.

Diberitakan bahwa perusahaan milik Sukanto Tanoto, Pacific Eagle Real Estate, secara resmi membeli sebuah hotel mewah yang ada di kawasan Shanghai, China. Hotel mewah ini dibeli dari developer Dalian Wanda Group senilai 1,7 miliar yuan (sekitar Rp 3,7 triliun).

Usai membeli hotel mewah senilai hampir Rp 4 triliun, publik pun dibuat penasaran dan bertanya-tanya mengenai total harta kekayaan Sukanto Tanoto. Nah untuk mengetahui berapa harta kekayaannya, mari simak ulasan profilnya berikut ini.

Profil dan Harta Kekayaan Sukanto Tanoto

Sukanto Tanoto atau yang memiliki nama asli Tan Kang Hoo ini lahir pada 25 Desember 1949 di Belawan, Sumatera Utara. Sukanto Tanoto ini mempunyai gurita bisnis dalam berbagai bidang, satu di antaranya perkebunan sawit yang dikembangkan oleh PT Raja Garuda Mas.

Sebelum terjun ke dunia bisnis, Sukanto kecil pernah menempuh pendidikan di  SD di Belawan tahun 1960. Lalu Ia melanjutkan pendidikan di SMP Medan tahun 1963. Saat masih muda, Sukanto gemar baca buka dan bercita-cita ingin jadi dokter

Namun, cita-cita untuk menjadi dokter pupus saat ayahnya meninggal dunia. Di usainya yang terbilang masih muda, Sukanto harus menggantikan posisi sang ayah jadi tulang punggung keluarga. Dia pun mulai berjualan peralatan mobil, minyak, dan bensin.

Seiring berjalannya waktu, ekonomi Sukanto semakin membaik. Ia pun mulai berbisnis dengan membuka toko pemasok  berbagai suku cadang yang diberi nama Toko Motor. Waktu terus berjalan, Sukanto kemudian mendirikan Tanoto Foundation.

Adapun Tanoto Fondation ini merupakan sebuah organisasi filantropi yang mana di dalamnya berisi beberapa orang terkaya dunia seperti dan keluarga Widjaja (Indonesia), Ray Dalio dan Li Ka-shing.

Pada tahun 2023, Tanoto membangun bisnis kertas tisu dengan mengakuisisi saham OL Papeis di Brazil dan Vinda di China. Saat ini, tercatat harta kekayaan Sukanto sebesar USD 3,3 miliar atau setara Rp 51 triliun. Dengan kekayaan tersebut, Sukanto masuk jajaran 1000 orang terkaya  dunia.

Demikian ulasan mengenai harta kekayaan Sukanto Tanoto yang baru-baru ini mencuri perhatian publik usai membeli hotel seharga hampir Rp 4 triliun. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button