Hukum

Buntut dua napi Lapas Kelas IIA Serang meninggal regu jaga diperiksa


Serang (ANTARA) – Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Banten, memeriksa regu jaga Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Serang hal ini buntut dari tewasnya dua narapidana setelah diketahui meminum coca cola yang dioplos dengan hand sanitaizer.


Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan Kemenkumham Banten Jalu Yuswa Panjang di Serang, Banten, Jumat, mengatakan, memeriksa dua regu jaga yang bertugas pada saat hari kejadian pada, Minggu (26/11).

“Satu regu jaga berjumlah sembilan orang dan mengawasi 900 Napi, petugas piket jaga pada waktu itu ada dua regu total 18 orang sedang diperiksa,” katanya.

Ia juga meminta para napi yang berpesta miras disatukan dalam satu kamar jikalau pada memudahkan saat melakukan pengawasan. Pihaknya juga meminta kepada Kalapas Kelas IIA Serang untuk meningkatkan pengawasan terhadap narapidana yang mengkonsumsi minuman oplosan.

“Dari delapan orang napi yang sudah mengakui meminum oplosan supaya mudah mengawasinya untuk dijadikan satu kamar yang aksesnya mudah, supaya cepat pertolongan pertama jika terjadi keluhan kembali,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Serang, Fajar Nur Cahyono, di Serang, Banten, Jumat, menyampaikan bahwa, total ada 15 narapidana yang kedapatan meminum coca-cola yang dicampur alkohol hand sanitizer.

“Totalnya kurang lebih yang minum ada 15 orang warga binaan, karena ada itu didapati dari dua kamar 8 dan 9,” katanya saat ditemui di Lapas Kelas II A Serang, Jumat.

Fajar menyampaikan, kadar alkohol di hand sanitizer tersebut sekitar 70 persen. Dan dari 15 narapidana tujuh orang diantaranya mengeluhkan sakit seperti mual dan pusing hingga di larikan ke RSUD Banten, pada Senin (27/11) lalu.

Namun, dua narapidana dinyatakan meninggal dunia setelah dilakukan perawatan oleh pihak rumah sakit.

“Keduanya adalah tahanan narkotika berinisial BY dan BP. BY dihukum 5 tahun 6 bulan. Sedangkan BP dihukum 7 tahun. Keduanya bersalah berdasarkan Pasal 114 UU RI Nomor 35 Tahun 2009,” katanya.
Baca juga: Lapas Kelas IIA Serang sebut 15 napi minum oplosan hand sanitizer

Pewarta: Desi Purnama Sari
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © ANTARA 2023


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button