Olahraga

Kiper Panathinaikos Cyrus Margono Blak-blakan Tak Sabar Perkuat Timnas Indonesia: Insya Allah! : Okezone Bola

KIPER Panathinaikos B, Cyrus Margono, blak-blakan tak sabar memperkuat Timnas Indonesia. Penjaga gawang berusia 22 tahun itu mengatakan selangkah lagi bakal mendapatkan kembali paspor Indonesia yang sempat dipegangnya.

Sekadar diketahui, Cyrus Margono sempat memegang dua warga negara, yakni Amerika Serikat dan Indonesia. Menurut Undang-undang Republik Indonesia No.12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia pasal 6, anak yang berkewarganegaraan ganda setelah berusia 18 tahun atau telah kawin, bisa memilih salah satu kewarganegaraan. Hal itu paling lambat tiga tahun setelah anak berusia 18 tahun alias 21 tahun atau telah menikah.

Cyrus Margono selangkah lagi kembali mendapatkan paspor Indonesia

(Cyrus Margono selangkah lagi kembali mendapatkan paspor Indonesia)

Hanya saja hingga Cyrus Margono berusia 21 tahun pada 9 November 2022, ia kelupaan memilih negara yang dipilih. Alhasil, kewarganegaraan Indonesia yang sempat disandang Cyrus Margono pun lepas.

Karena itu, lewat terobosan Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2022, Cyrus Margono bisa kembali mendapatkan kewarganegaraan Indonesia. Peraturan di atas mengatur tentang perubahan atas peraturan pemerintah nomor 2 tahun 2007 tentang tata cara memperoleh kehilangan, pembatalan, dan memperoleh kembali kewarganegaraan Republik Indonesia.

Menurut staff ahli Kemenpora RI, Hamdan Hamedan, Cyrus Margono tidak menjalani proses naturalisasi seperti Jordi Amat, Justin Hubner dan lain-lain. Hal itu karena Cyrus Margono prosesnya memilih negara, layaknya Elkan Baggott atau Irfan Bachdim.

“Cyrus itu bukan pemain naturalisasi, karena memang dia itu anak berkewarganegaraan ganda. Memang secara aturan yang berlaku, ketika dia sudah berusia 21 tahun maka harus memilih kewarganegaraan,” kata Hamdan Hamedan, mengutip dari kanal YouTube Chandra Margatama, Rabu 24 Mei 2023.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Proses mendapatkan kembali kewarganegaraan Indonesia Cyrus Margono dilakukan sejak satu tahun terakhir. Setelah menunggu sekian lama, Cyrus Margono akhirnya segera mendapatkan paspor Indonesia. Hal itu diungkapkan Cyrus Margono di akun Instagram-nya, @cmargono.

Cyrus Margono tak sabar perkuat Timnas Indonesia. (Foto: Instagram/@cmargono)

(Cyrus Margono tak sabar perkuat Timnas Indonesia. (Foto: Instagram/@cmargono)

“Saya tidak sabar mengenakan sepatu bola ini (bertuliskan inisialnya namanya, CM93, plus bendera Indonesia). Dan saya senang untuk mengabarkan bahwa proses saya hampir selesai. Sudah beberapa minggu sejak dokumen saya sampai di Setneg, dan kita sudah sangat dekat (bendera Indonesia),” kata Cyrus Margono di akun instagram-nya, @cmargono.

“Terima kasih banyak kepada pak Hamdan Hamedan atas dukungannya setiap hari. Saya sangat menantikan saat saya bisa menerima identitas Indonesia saya lagi, insya Allah,” lanjutnya.

Musim ini Cyrus Margono sudah mencatatkan delapan penampilan bersama Panathiakos B, tim yang mentas di Liga 2 Yunani 2023-2024. Dari delapan penampilan itu, ia kemasukan 12 kali dan mencatatkan satu clean sheet.

Satu hal yang pasti, Timnas Indonesia ketambahan satu pemain top lagi. Cyrus Margono berpotensi dapat diandalkan Shin Tae-yong saat Timnas Indonesia bersua Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 21 dan 26 Maret 2024.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button