Ekonomi

Rincian Pembahasan dari Pertemuan Sri Mulyani dan Puan Maharani


Suara.com – Beberapa waktu lalu, Menteri Keuangan, Sri Mulyani melakukan pertemuan dengan Ketua Dewan perwakilan Rakyat, Puan Maharani. Pertemuan ini dilangsungkan di Gedung DPR pada Kamis, 26 Januari 2024 lalu. Tidak  sedikit yang mencari tahu isi pembicaraan Puan dan Sri Mulyani ini.

Nama Sri Mulyani diisukan menjadi salah satu menteri yang siap ‘angkat koper’ dari kabinet beberapa waktu belakangan. Puan, yang memegang jabatan penting di DPR, merupakan putri dari mantan Presiden RI, Megawati Soekarnoputri. Tentu menarik bukan spekulasi yang semakin liar mengenai isi pembicaraannya?

Isi Pembicaraan Menkeu Sri Mulyani dan Puan Maharani

Secara resmi, Sri Mulyani menyatakan bahwa pertemuan tersebut adalah terkait konsultasi pergantian dewan pengawas Lembaga Pengelola Investasi. Pergantian ini dikabarkan akan melibatkan unsur profesional sehingga perlu dikoordinasikan dengan pihak terkait.

Konsultasi yang dilakukan pihaknya juga disampaikan bahwa sesuai dengan mandat yang tertera pada Undang-Undang Cipta Kerja mengenai Lembaga Investasi Pemerintah tersebut.

Dari Presiden Joko Widodo, terdapat dua usulan nama yang diberikan untuk kemudian ditindaklanjuti. Meski begitu, tidak ada keterangan lebih lanjut mengenai dua nama yang diusulkan tersebut.

LPI sendiri merupakan lembaga yang didirikan untuk memperkuat kapasitas pembiayaan pembangunan nasional, yang dikelola secara korporasi dan profesional. Harapannya dengan optimasi lembaga ini dengan anggota dewan pengawas yang kompeten, berbagai urusan pendanaan dapat dilakukan sesuai aturan, jelas, dan menutup celah-celah terjadinya tipikor.

Dewan pengawas yang tengah digodok ini kemudian akan bertugas melakukan seleksi dan pengangkatan dewan direktur yang bertanggung jawab melaksanakan operasionalisasi LPI. Dewas juga bertugas menyusun pengaturan dasar-dasar pengelolaan LPI, untuk menjadi landasan bagi kegiatan operasionalnya.

Tidak sedikit yang masih mengulik tentang pembicaraan atau isu lain yang dibahas oleh kedua sosok penting tersebut, penting dalam jabatannya di organisasi negara, dan penting secara tokoh. Namun demikian tidak diindikasikan ada pembicaraan lain yang muncul.

Hal ini juga diperkuat dengan kehadiran Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara yang mendampingi Sri Mulyani, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, serta Sekjen Kemenkeu. Puan Maharani sendiri didampingi oleh Ketua Badan Anggaran DPR RI Said Abdulah dan Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Dolfie Othniel F. P.

Kontributor : I Made Rendika Ardian


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button