Otomotif

Pertama di Dunia, Volkswagen Golf Dilengkapi Fitur Chatbot ChatGPT : Okezone Otomotif

JAKARTA – Consumer Electronic Show 2024 (CES) di Las Vegas digunakan banyak perusahaan untuk menampilan revolusi teknologi dalam produk mereka. Seperti yang dilakukan Volkswagen Golf yang dilengkapi dengan teknologi Chatbot atau percakapan robot dari ChatGPT.

VW mengklaim teknologi tersebut merupakan yang pertama di dunia. Meski, penyematan teknologi ChatGPT di dunia otomotif bukan hal asing lagi. Mercedes-Benz, BMW dan beberapa merek lainnya dikabarkan telah menggunakan teknologi tersebut.


Tapi, kabarnya teknologi tersebut masih dalam bentuk konsep. Kalau sudah ada, juga sekadar fitur opsional. Artinya, untuk mendapatkan fasilitas tersebut, pemilik mobil harus mengeluarkan ekstra cost untuk merasakan kecanggihan teknologi tersebut.

Sedangkan di VW Golf, teknologi ChatGPT akan digabungkan dengan teknologi perintah suara buatan mereka, IDA. Nantinya ChatGPT akan membantu IDA dengan berfungsi sebagai pusat data. Kalau sudah begitu, pengguna mobil Volkswagen Golf bisa menanyakan apa saja semudah mereka menggunakan ChatGPT melalui aplikasi.

ChatGPT juga memungkinkan IDA menjawab pertanyaan pengetahuan umum. Jadinya IDA tidak hanya lagi sekadar fitur yang bisa dilakukan untuk mengeksekusi beberapa perintah seperti mengontrol infotainment, AC dan navigasi.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Bahkan di masa mendatang, dalam pengembangannya IDA bisa memberikan informasi tambahan untuk menjawab pertanyaan lainnya. “Karakter kami adalah bagaimana Volkswagen selalu mendemokratisasi semua teknologi dapat bisa digunakan orang banyak,” ujar Member of the Board of Management Volkswagen Brand, Kai Grunitz.

Karena bukan fitur opsional, masyarakat tidak perlu membayar biaya lebih mahal untuk memiliki mobil dengan teknologi ChatGPT. Apalagi, Volkswagen juga menyebutkan bahwa tipe Volskwagen Golf tidak satu-satunya mobil buatan yang memiliki ChatGPT.

Ke depannya semua mobil buatan Volkswagen akan mendapatkan teknologi itu sebagai fitur standar. Sehingga, Grunitz mengklaim teknologi tersebut dapat membantu dalam banyak hal selama perjalanan dengan mobil.

“Mulai dari memperkaya percakapan, menjawab pertanyaan, berinteraksi dalam bahasa intuitif, menerima informasi spesifik kendaraan, dan banyak lagi yang sepenuhnya dilakukan tanpa menggunakan tangan,” tambah Volkswagen dalam keterangan resminya.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button