Politik

Bawaslu akan perpanjang rekrutmen pengawas TPS


Jakarta (ANTARA) – Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja mengatakan bahwa pihaknya akan memperpanjang masa rekrutmen pengawas tempat pemungutan suara (TPS) hingga mendekati waktu pencoblosan.

“Ini masih proses, kami akan buka kembali, ditunggu,” ujar Bagja di Kantor Bawaslu RI, Jakarta, Kamis.

Hal ini untuk mengisi kekosongan 18.000 TPS di seluruh Indonesia yang belum memiliki pengawas.

Bagja menjelaskan bahwa pihaknya sudah menyiapkan beberapa langkah mitigasi. Selain itu, Bawaslu akan merekrut penduduk desa tet­angga untuk jadi pengawas TPS.

“Pengawas TPS seharusnya merupakan penduduk setempat. Misal, pengawas TPS yang bukan dari lingkungan sekitar, ‘kan pengawas TPS harus dari lingkungan setempat,” katanya.

Bila ada beberapa persyaratan yang tak bisa dipenuhi, kata dia, mencari penggantinya untuk dipindahkan ke Indonesia bagian kepulauan akan sulit.

Oleh karena itu, Bawaslu akan tetap menggunakan SDM di daerah tempat pelaksana rekrutmen pengawas TPS.

“Misal, pulau tersebut tingkat pendidikannya hanya sampai wajib dasar SMP. Tidak ada lagi yang SMA, mau tidak mau wajib,” jelas Bagja.

Baca juga: Bawaslu RI miliki program “Perempuan berdaya mengawasi” pantau pemilu

Baca juga: Bawaslu RI catat 777 laporan pelanggaran pemilu sudah masuk

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button