Otomotif

Jangan Lupa Cek Ban Agar Nyaman saat Kembali dari Libur Nataru : Okezone Otomotif

JAKARTA – Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) segera berahir. Arus balik kemungkinan akan meningkatkan volume kendaraan di jalan termasuk tol. Karena itu, dibutuhkan persiapan sebelum mengendarai mobil untuk balik ke tempat masing masing.

Selain mesin, dan kondisi mobil pada umumnya, yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah kondisi ban. Salah satunya adalah umur ban yang sering diabaikan pengguna kendaraan. Padahal, umur pakai ban itu yang paling baik adalah empat sampai lima tahun dari masa produksi ban yang ditandai dengan empat angka.


“Dua digit pertama adalah pekan ban tersebut diproduksi, sedangkan dua digit di belakangnya tahun produksi,” kata Jusri kepada MNC Portal,” kata Instruktur dan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu.

Tips Memeriksa Ban 

1. Tekanan.

Selalu cek tekanan ban secara rutin setiap minggu. Pengencekan dilakukan saat ban dalam kondisi dingin.

2. Pentil dan Tutupnya.

Batang petil mudah rusak dan bisa juga bergesekan atau bergeser dari pelek karena posisinya yang menonjol keluar. Perlu perhatian di bagian tersebut. Selain itu, lihat juga tutup pentil apakah bersih dari debu dan minyak.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Keutuhan ban.

Periksa kondisi keausan ban termasuk apakah ada kerusakan yang nampak jelas, seperti sobek, benjolan, atau ada benda asing.

4. Roda Pelek.

Jika menunjukkan tanda-tanda kerusakan seperti retak segera ganti. Penting untuk menjaga ban terpasang dengan baik di pelek dan Anda tentu tidak mau mendapati masalah tersebut ketika sedang digunakan.

5. Tread.

Periksa apakah ban sudah melewati batas TWI (tread wire indicator). Jika alur kembangan tread sudah sama rata dengan TWI segera ganti ban Anda.

6. Arah putaran.

Pastikan ban terpasang sesuai dengan arah putaran ban sesuai yang tertera pada sidewall. Jika dipasang berlawanan arah, bisa membuat kinerja ban jadi tidak baik.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button