Politik

Akademisi nilai Erick Thohir mampu antar Ganjar Pranowo jadi presiden


Jakarta (ANTARA) – Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Hasanuddin Makassar Dr. Phil. Sukri menilai Menteri BUMN Erick Thohir mampu mengantarkan bakal calon presiden PDI Perjuangan Ganjar Pranowo menjadi presiden.

Sukri, dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Senin, mengatakan hal tersebut melihat hasil survei Indikator yang dirilis pada Minggu (23/7). Dari hasil survei itu, simulasi pasangan Ganjar Erick mendapat elektabilitas lebih tinggi dibanding lainnya.

“Data dari Indikator menyebutkan, baik Ganjar maupun Prabowo, ketika disandingkan dengan Erick akan menghantarkan mereka masuk ke putaran kedua. Memang angka kemenangan yang paling tinggi ketika Ganjar disandingkan dengan Erick,” kata dia.

Menurut Sukri, pasangan Ganjar dan Erick bisa memenangkan kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 karena keduanya memiliki kecocokan dan saling melengkapi.

“Misalnya Ganjar yang berasal dari PDI Perjuangan, sedangkan Erick berasal dari teknokrat. Selain itu, Erick dinilai memiliki kekuatan kapital yang cukup besar untuk mendukung kampanye Ganjar. Ini dianggap pasangan Ganjar Erick ini pas, meskipun Erick juga pas jika disandingkan dengan Prabowo,” ucap dia.

Di sisi lain, Sukri juga menyoroti hasil survei Indikator yang menyebut Erick sebagai kandidat calon wakil presiden (cawapres) dengan elektabilitas tertinggi, yakni 22,9 persen. Erick unggul dari Ridwan Kamil (20,1 persen) dan Sandiaga Uno (17,5 persen).

Menurut Sukri, pencapaian itu disebabkan Erick diminati oleh kalangan generasi Z dan milenial lantaran Ketua PSSI itu kerap menunjukkan gaya non-formal. Sukri pun menilai gaya kepemimpinan Erick yang tidak banyak bicara turut menarik perhatian kaum muda.

“Keberhasilan Erick dalam memperbaiki sepak bola Indonesia juga memberi daya ungkit elektoral pada survei Indikator, sepak bola tak hanya disukai generasi senior tetapi juga generasi muda,” sambung Sukri.

Sukri menambahkan, elektabilitas Erick masih dapat meningkat, terlebih apabila Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil tidak maju menjadi cawapres dari salah satu kandidat calon presiden (capres).

“Erick sangat berpeluang untuk bisa mendapatkan suara dari Sandi atau Ridwan Kamil ketika mereka berdua tak jadi maju menjadi cawapres. Sebab, suara pemilih Erick sama dengan generasi pemilih Sandi maupun Ridwan Kamil,” kata dia.

Sesuai dengan jadwal Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden mulai 19 Oktober hingga 25 November 2023.

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU Pemilu) mengatur pasangan calon presiden/wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini ada 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden/wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi dari DPR RI. Pasangan calon juga dapat diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 yang total perolehan suara sahnya minimal 34.992.703 suara.

Baca juga: Said Abdullah sebut pertemuan Ganjar-Erick bagian dari silaturahmi

Baca juga: Ganjar dan Gibran berbincang dengan Prabowo dan Erick di Adi Soemarmo

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button