Ekonomi

Tol Bocimi dan Pasuruan-Probolinggo Bakal Beroperasi Dalam Waktu Dekat


Suara.com – Ruas Tol milik PT Waskita (Persero) lewat anak usahanya PT Waskita Toll Road bakal segera beroperasi dalam waktu dekat. Terdapat dua ruas tol yang akan beroperasi yaitu Tol Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi Cigombong-Cibadak dan tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro)

Sebenarnya, kedua ruas tol itu telah beroperasi pada masa mudik lebaran. Hanya saja, operasional itu sifatnya hanya fungsional.

Director of Control & QHSE PT Waskita Toll Road (WTR), Mokh Sadali mengatakan, pengoperasian kedua ruas baru tersebut merupakan bentuk kontribusi langsung dari WTR dalam meningkatkan konektivitas antar daerah. 

“Kami berharap adanya pengoperasian tersebut dapat mempersingkat waktu tempuh perjalanan masyarakat, serta dapat memajukan perekonomian penduduk sekitar,” ujarnya dalam keterangannya, Sabtu (15/7/2023).

Baca Juga:
406 Km dari Kota Purwokerto, Jalur Tol Ini Miliki Pemandangan Indah untuk Penggunanya: Ada View Gunungnya!

Adapun, ruas tol Bocimi seksi Cigombong-Cibadak dengan panjang 11,9 kilometer (km). tersebut telah dilakuka Uji Laik Fungsi (ULF) dan Uji Laik Operasi (ULO) pada 3-4 Juli 2023 kemarin. Ditargetkan ruas tol ini beroperasi pada Agustus 2023.

Sedangkan ruas Tol Paspro seksi Probolinggo Timur-Gending sepanjang 8,57 km telah melalui ULF dan ULO pada 22-23 Mei 2023. Kekinian, tol tersebut masih menunggu keputusan Sertifikat Laik Operasi yang ditargetkan beroperasi pada kuartal III tahun 20223. 

Ruas Tol Paspro bisa memangkas waktu tempuh dari Pasuruan menuju Gending. Tol Paspro bisa mempermudah akses menuju area pariwisata nasional, seperti Gunung Bromo dan Tengger Semeru, dan juga menyambungkan berbagai wilayah di Jawa Timur.

Sementara, Ruas Tol Cigombong-Cibadak bisa menjadi alternatif penghubung jalur Lintas Pantai Selatan (Pansela) Jawa di Wilayah Jawa Barat. Dengan adanya Tol Bocimi diharapkan akan mempermudah akses menuju kawasan pariwisata unggulan di sekitar Sukabumi seperti Pantai Pelabuhan Ratu, Geopark Ciletuh, Situ Gunung hingga Pantai Ujung Genteng.

Baca Juga:
Waskita-WIKA Diduga Rekayasa Laporan Keuangan, Kubu Demokrat Singgung Utang Jumbonya: Kok Sial Banget Ya




Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button