Olahraga

Djokovic raih penghargaan olahragawan terbaik dunia


Jakarta (ANTARA) – Djokovic meraih penghargaan Laureus World Sportsman of the Year atau olahragawan terbaik dunia untuk kelima kalinya, Senin (22/4), menambah penghargaan yang ia menangi pada 2013, 2015, 2016, dan 2019.

Petenis Serbia itu mendapat pengakuan atas musim 2023 yang luar biasa di mana ia hanya tinggal satu set menyelesaikan Grand Slam untuk satu tahun kalender.

Djokovic memenangi turnamen major di Australian Open, Roland Garros dan US Open, hanya kalah di Wimbledon, di mana ia kalah dari Carlos Alcaraz dalam lima set final.

Dia mengakhiri tahun 2023 dengan memenangi rekor gelar Nitto ATP Finals ketujuh dan dengan mengklaim No.1 akhir tahun untuk rekor kedelapan kalinya.

“Saya merasa sangat tersanjung telah memenangi Laureus World Sportsman of the Year Award yang kelima,” kata Djokovic, yang baru-baru ini menjadi petenis peringkat satu dunia tertua dalam sejarah, dikutip dari laman resmi ATP, Selasa.

“Saya mengingat kembali musim 2012, ketika Saya memenanginya untuk pertama kalinya saat berusia 24 tahun. Saya sangat bangga berada di sini 12 tahun kemudian, mengingat tahun yang memberi saya dan penggemar banyak kegembiraan dan kesuksesan.”

“Sungguh menggetarkan hati bisa kembali ke Australia pada bulan Januari lalu dan memenangi gelar saya yang ke-10. Ini adalah turnamen yang sangat saya sayangi dan mempersiapkan saya untuk menjalani 12 bulan yang luar biasa,” ujar petenis berusia 36 tahun itu.

Baca juga: Djokovic jadi petenis peringkat satu dunia tertua sepanjang sejarah

Djokovic berterima kasih atas dukungan tim yang luar biasa, juga para rivalnya yang selalu mendorong dirinya untuk menjadi versi terbaik dari diri sendiri.

“Laureus Awards sangat spesial karena mewakili pengakuan dari 69 atlet kelas dunia yang tergabung dalam Laureus World Sports Academy. Mendapatkan suara dari pahlawan olahraga saya adalah hal yang membuat penghargaan ini sangat didambakan di seluruh olahraga,” ujar Djokovic.

Tidak hanya Djokovic, Rafael Nadal juga menerima penghargaan Laureus Sport for Good Award dalam acara tersebut.

Yayasan Rafael Nadal diakui karena telah membantu lebih dari 1.000 generasi muda yang rentan di Spanyol dan India, memberdayakan mereka untuk mewujudkan potensi mereka dan percaya pada kekuatan transformatif dari olahraga.

Baca juga: Nadal sebut Djokovic petenis terbaik sepanjang masa

 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button