Ekonomi

Sumber Mata Pencaharian, Masyarakat di Bone Diajarkan Membuat Alat Tangkap Kepiting


Suara.com – Gerakan Passeddingeng masyarakat Bone menggelar pelatihan alat tangkap kepiting bagi warga Dusun Kacumpureng, Desa Waji, Kecamatan Tellu siattinge, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Korwil Gerakan Passeddingeng masyarakat Bone, Daeng Bella menjelaskan bahwa pelatihan ini sengaja dilakukan bagi warga setempat lantaran rutinitasnya sebagai nelayan penangkap kepiting.

Dengan begitu, kata Daeng Bella, mereka bisa mendapatkan pelajaran bagaimana cara membuat alat tangkap kepiting yang baik.

“Dengan adanya kegiatan ini masyarakat bisa tahu bagaimana membuat alat tangkap kepiting yang benar,” ujar Daeng Bella ditulis Rabu (28/6/2023).

Baca Juga:
Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Mengkonsumsi Kepiting bagi Kesehatan Tubuh

Menurut Daeng Bella, masyarakat Dusun Kacumpureng, Desa Waji, Kecamatan Tellu siattinge, Kabupaten Bone, sangat antusias terhadap kegiatan pelatihan alat tangkap kepiting. 

Dengan adanya kegiatan ini, kata Daeng Bella, diharapkan mereka juga bisa lebih kreatif tak sekadar dalam membuat alat tangkap kepiting. Tapi bisa kemudian untuk dijual, sehingga menambah pemasukannya.

“Ya, kami berharap masyarakat bisa lebih tahu, lebih kreatif tentang bagaimana membuat alat tangkap kepitingnya,” tutur Daeng Bella.

Sementara salah peserta pelatihan yaitu Lisda (27) menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gerakan Passeddingeng masyarakat Bone lantaran sudah memberikan pelatihan alat tangkap kepiting.

Dia berharap ke depannya pelatihan serupa bisa terus diselenggarakan kembali. Dengan begitu masyarakat di Dusun Kacumpureng yang mata pencahariannya menangkap kepiting bisa mendapatkan pengetahuan baru.

Baca Juga:
Inilah 6 Makanan Khas Cianjur yang Bisa Anda Cicipi Saat Liburan!

“Alhamdulillah bagus, masyarakat dapat ilmu tentang alat tangkap kepiting. Semoga ada pelatihan lagi,” tutur Lisda.

Dalam kesempatan tersebut, Gerakan Passeddingeng masyarakat Bone juga mengenalkan sosok Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden dari PDIP yang bakal maju di Pilpres 2024.

Menurut Daeng Bella, masyarakat di Dusun Kacumpureng menganggap sosok Ganjar sebagai pemimpin yang pro dan peduli kepada masyarakat kecil.

“Respons masyarakat untuk Pak Ganjar ya merupakan bahwa sosok pemimpin atau Capres yang pro dan peduli ke masyarakat, tentang usaha usaha kecil seperti usaha tangkap kepiting,” kata Daeng Bella.




Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button