Hukum

SETARA Institute ingatkan tantangan Polri pada tahun politik


Jakarta (ANTARA) –

Related Articles
Ketua Dewan Nasional SETARA Institute Hendardi mengingatkan tantangan yang dihadapi Kepolisian Negara Republik Indonesia atau Polri akan semakin kompleks pada tahun politik Pemilu 2024.

“Polri akan diuji dengan banyak irama politik di ruang publik, baik dengan menggunakan instrumen hukum maupun trial by the mob dalam kasus-kasus yang diorkestrasi pihak tertentu, termasuk mengantisipasi perilaku para conflict entrepreneur,” kata Hendardi dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Menurut Hendardi, Polri hendaknya mewaspadai conflict entrepreneur yang menghendaki gangguan keamanan, mendapat ruang melakukan politisasi berbagai hal sehingga mampu melimpahkan keuntungan dan insentif politik elektoral.

Dia mengatakan sejumlah agenda pada tahun politik akan menjadi penentu utama integritas Polri dalam menjalankan tugas menjaga keamanan dan ketertiban, melindungi dan melayani masyarakat, serta melakukan penegakan hukum.

“Perjalanan Polri pada tahun ke-77 ini diwarnai dengan meningkatkan kepercayaan publik berdasarkan hasil survei,” ujarnya.

Baca juga: Survei Indikator: Kepercayaan publik ke Polri pulih

 

Hendardi mengatakan tren peningkatan kepercayaan publik kepada Polri hingga angka 76 persen adalah capaian kolektif institusi Polri yang ditopang berbagai satuan kerja di bawah kepemimpinan presisi Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

“Genap satu tahun dari berbagai prahara di tubuh Polri, mantra Presisi telah menjadi pemicu dan pemacu kinerja Polri memulihkan kepercayaan masyarakat. Tentu ini adalah kado terbaik pada Hari Bhayangkara 1 Juli 2023,” katanya.

Baca juga: Anggota DPR sebut Polri berhasil jalankan evaluasi masyarakat

Meskipun angka tersebut berpredikat cukup dan tren yang terus meningkat, Hendardi mengharapkan Polri akan mampu mendorong tingkat kepercayaan publik hingga di atas 80 persen pada waktu mendatang.​​​​​​​

Sebagai sebuah persepsi, tambahnya, hasil survei memang mampu menyajikan generalisasi gambaran untuk mengukur sebuah kinerja. Hasil survei juga menuntut kajian dan pemetaan lanjutan sehingga diketahui secara detail titik-titik mana yang membutuhkan akselerasi penanganan untuk mempercepat dan meningkatkan kepercayaan publik.​​​​​​​

Hendardi menambahkan dalam setahun menangani berbagai tantangan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit telah membuktikan bahwa disiplin tinggi anggota, monitoring kinerja yang ketat, transformasi berbagai layanan, memastikan kesetaraan hukum, dan menjaga stabilitas keamanan secara humanis telah mampu mengubah wajah institusi Polri menjadi lebih baik.

Baca juga: Kompolnas ingatkan Polri tetap netral jelang Pemilu 2024

Baca juga: IPTI apresiasi Kapolri terapkan “restorative justice”

Baca juga: HSI sarankan lima konsep untuk kuatkan Polri Presisi jelang pemilu

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2023


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button