Ekonomi

Sri Mulyani Pamer Ekonomi RI Didepan Menkeu Negara Maju


Suara.com – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memamerkan kinerja ekonomi Indonesia didepan para Menteri Keuangan dan Bank Sentral negara maju yang tergabung dalam G20.

Dia bilang pertumbuhan ekonomi Indonesia yang 5 persen jauh lebih baik dari beberapa negara. Terutama jika melihat dari pertumbuhan ekonomi yang terjaga selama enam kuartal secara beruntung.

“Indonesia tetap tangguh di tengah guncangan ekonomi global,” kata Sri Mulyani dalam sesi pertama Pertemuan Para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 di Gandhinagar, India, Selasa (18/7/2023)..

Sri Mulyani mengatakan, kombinasi antara kebijakan fiskal dan moneter menjadi kunci penting untuk mencapai hal tersebut. Salah satunya, melalui disiplin terhadap konsolidasi fiskal setelah pandemi lalu.

Baca Juga:Sri Mulyani Sebut Indonesia Miliki Peran Penting dalam Narasi Transisi Hijau

Pada sesi pertama, Menkeu juga membahas prioritas Indonesia dalam hal Mekanisme Transisi Energi Indonesia (ETM) dan juga Pandemic Fund yang merupakan inisiatif dari Presidensi G20 Indonesia tahun lalu.

“Isu ini juga terus kita suarakan dalam berbagai forum multilateral seperti @g20org dan @asean”, jelasnya.

Selaras dengan sesi pertama, di sesi kedua Sri Mulyani juga membahas mengenai mekanisme pembiayaan untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan melalui Energy Transition Mechanism (ETM).

“Indonesia sendiri tahun lalu sudah meluncurkan ETM Country Platform yang saat ini telah menerima pendanaan sebesar US$500 juta untuk mempercepat penutupan dua proyek pembangkit listrik tenaga batu bara sebesar 1,6 Giga Watt”, kata Menkeu.

Terakhir, Menteri Keuangan juga membahas mengenai agenda Presidensi G20 India, yaitu Financing Cities of Tomorrow. Ia mengatakan bahwa Indonesia sangat mendukung dan mengapresiasi inisiatif ini, khususnya pada acara dialog infrastruktur.

Baca Juga:Baru Tahu Pemanfaatan EBT Dibawah 1 Persen, Sri Mulyani: Memalukan!

“Sangat penting bagi kita untuk bisa terus membangun dunia, namun di saat yang bersamaan juga tetap menjaga bumi tempat kita tinggal”, pungkasnya.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button