Gaya Hidup

Tips pertahankan kesehatan kulit di musim hujan


Jakarta (ANTARA) – Perubahan musim dari panas ke musim hujan ternyata juga bisa menyebabkan beberapa masalah kulit seperti jerawat, kulit berminyak dan infeksi jamur akibat kelembaban yang tinggi.

 

Disiarkan laman Hindustan Times, Kamis (17/8) waktu setempat, seorang dokter kulit, Ahli Bedah Transplantasi Kosmetik dan Rambut Dr Navnit Haror memberikan beberapa tips untuk memastikan kulit terawat dan mempertahankan kesehatan kulit selama musim hujan.

 

1. Hidrasi

 

Selama musim hujan, merawat kulit Anda sangat penting. Bersihkan dua kali sehari untuk menghilangkan kotoran, minyak berlebih, dan polutan. Kunci hidrasi dengan pelembab ringan.

 

Pertahankan rutinitas pembersihan yang rajin untuk menghilangkan minyak berlebih, kotoran, dan kotoran dari kulit Anda. Gunakan pembersih lembut dengan pH seimbang diikuti dengan toner ringan untuk menjaga bisa wafat pori-pori Anda tidak tersumbat dan mencegah munculnya jerawat.

2. Eksfoliasi secara teratur

 

Exfoliator dengan bahan alami membantu mengangkat sel-sel mati dan mencegah jerawat selama musim hujan. Eksfoliasi 1-2 kali seminggu berdasarkan sensitivitas kulit Anda bisa membantu. Ini membantu menghilangkan sel kulit mati dan membuka pori-pori yang tersumbat, menjadikan kulit lebih cerah dan tekstur lebih halus.

 

3. Gunakan tabir surya

 

Sinar UV saat musim hujan juga masih bisa menembus awan dan dapat menyebabkan masalah pada kulit. Tabir surya spektrum luas dengan SPF 30 bisa membantu.

 

4. Katakan tidak pada riasan tebal

 

Pilih riasan minimal karena riasan tebal dapat menyumbat pori-pori kulit Anda dan dapat menyebabkan berjerawat saat musim hujan. Biarkan kulit Anda bernafas secara alami.

 

5. Tetap terhidrasi dan makan dengan benar

Sama pentingnya untuk tetap terhidrasi dengan air dan buah-buahan kaya antioksidan selama musim hujan untuk mendapatkan kulit sehat yang memancarkan kecantikan.

 

Selain itu, ia juga merekomendasikan untuk membawa tisu wajah atau micellar water ke dalam tas Anda untuk membersihkan wajah dengan lembut dan menghilangkan kelebihan minyak dan keringat saat Anda bepergian. Hal ini dapat membantu Anda mempertahankan penampilan yang segar dan bercahaya.

 

Hindari pula menyentuh wajah karena dapat memindahkan kotoran dan bakteri dari tangan ke kulit Anda, yang menyebabkan jerawat dan infeksi.

 

Untuk menghindari iritasi pada kulit, Navnit juga menyarankan untuk mengenakan pakaian yang terbuat dari linen atau katun bisa wafat kulit bisa bernapas dan bisa menyerap keringat.

 

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2023


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button