Daerah

Gerakan Pengendalian Inflasi Pangan Pemprov Kalteng jangkau masyarakat Pulang Pisau – ANTARA News Kalimantan Tengah


Pulang Pisau (ANTARA) –

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan Gerakan Pengendalian Inflasi Pangan tahun 2024 yang menyasar masyarakat di wilayah Kabupaten Pulang Pisau.

 

Gubernur Sugianto Sabran beserta jajaran meninjau langsung kegiatan Gerakan Pengendalian Inflasi Pangan yang dilaksanakan di Pulang Pisau, Jumat (26/1).

 

“Kegiatan ini merupakan upaya pemprov dalam mengendalikan inflasi serta membantu memenuhi kebutuhan masyarakat di Kalimantan Tengah, termasuk Pulang Pisau,” katanya.

 

Gerakan Pengendalian Inflasi Pangan di Pulang Pisau dilaksanakan di sejumlah lokasi, di antaranya di Kecamatan Kahayan Hilir serta Jabiren.

 

 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Dishanpang) Kalimantan Tengah Riza Rahmadi menjelaskan, khusus untuk pelaksanaan Gerakan Pangan Murah yang pihaknya laksanakan digelar di Kahayan Hilir maupun Jabiren pihaknya menyediakan berbagai komoditas pangan strategis untuk masyarakat.

 

Adapun komoditas yang disalurkan di dua lokasi tersebut, meliputi beras premium 5,5 ton, beras Program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) 1,5 ton, gula pasir 850 kilogram, bawang merah 150 kilogram, bawang putih 120 kilogram, minyak kemasan 800 liter, serta telur ayam ras 180 tray.

 

“Masing-masing komoditas ini telah mendapatkan subsidi dari pemerintah provinsi, sehingga diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat,” terangnya.

 

Dijelaskannya untuk beras premium Rp60 ribu per lima kilogram, beras SPHP Rp55 ribu per lima kilogram, gula pasir Rp15 ribu per kilogram, minyak goreng kemasan Rp15 ribu per liter, minyak goreng KITA Rp12.500 per liter, bawang merah Rp35 ribu per kilogram, bawang putih Rp32 ribu per kilogram, serta telur ayam ras Rp50 ribu per tray.

 

 

Kepala Kantor Bulog Wilayah Kalimantan Tengah, Budi Cahyanto mengatakan, pihaknya turut berpartisipasi mendukung gerakan pengendalian inflasi yang dioptimalkan pemprov sejak awal 2024.

 

“Kami berpartisipasi secara aktif dalam berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan, seperti gerakan pangan murah, hingga penyaluran bantuan pangan cadangan beras pemerintah untuk masyarakat di seluruh kabupaten dan kota,” ucapnya.

 

Budi menyampaikan, Bulog secara aktif menyediakan berbagai keperluan komoditas pangan strategis dalam kegiatan ini, terutama beras yang di antaranya adalah beras SPHP.

 

Tampak dalam gelaran kegiatan di dua lokasi di Pulang Pisau hari ini, masyarakat antusias datang untuk mendapatkan berbagai komoditas pangan yang telah disediakan Pemprov Kalteng tersebut.




Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button