Otomotif

Biasa Produksi Mobil Kepresiden China, Perusahaan Ini Bikin Bus Mewah : Okezone Otomotif

JAKARTA – Produsen mobil Hongqi mencoba memproduksi bus mewah. Nantinya bus tersebut digunakan memenuhi kebutuhan badan-badan pemerintahan China, perusahaan swasta, dan bisnis pariwisita. Oh iya, selama ini Hongqi memang fokus memproduksi kendaraan mobil kepresidenan China

Bus tersebut dinama Hongqi Guoyue. Kehadiran Hongqi Guoyue dimaksudkan untuk menepis tudingan jika selama ini, produsen perusahaan otomotif China hanya jago dalam meproduksi mobil-mobil premium tapi juga bus mewah.


Hongqi Guoyue akan hadir dalam tiga konfigurasi kursi yakni 20 hingga 23 kursi untuk varian standar, 17 sampai 19 kursi untuk varian mewah, dan 17 kursi model flagship. Dari segi dimensi Hongqi Guoyue masuk dalam kategori bus kecil.

“Bus ini memang tidak membidik segmen retail tapi lebih ke perusahaan dan lembaga-lembaga besar yang butuh transportasi mewah dan nyaman,” tulis Carscoops, Jumat (5/1/2024) ini.

Tampilan bus tidak bisa dikatakan moderen karena Hongqi Guoyue justru memiliki desain kaku seperti masa lalu. Sisi interior jok dan dashboard bus benar-benar dibuat mewah. Jok kulit berbahan premium dipastikan bisa membuat penumpang nyaman. 


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Begitu juga dashboard bus yang justru mengikuti desain dashboard mobil-mobil mewah buatan Hongqi. Fasilitas lainnya, sepeti bus-bus mewah lainnya, dengan menempatkan berbagai perlengkapan seperti kulkas portable dan meja untuk makan atau bekerja.

Untuk segi eksterior, Hongqi berusaha mempertahankan identitas mereka di bus tersebut. Grille khas Hongqi, yang juga terlihat di mobil kepresidenan China, terpasang sempurna dan kuat nuansa krom.

Untuk mesin, Hongqi Guoyue dilengkapi dengan mesin V6 dengan kapasitas 3,0 liter. Mesin itu dipadukan dengan teknologi turbo yang bisa menggelontorkan tenaga sebesar 292 daya kuda dan torsi maksimal 420 Nm. Nah, disebut kategori bus kecil, karena dimensi bus memiliki panjang 7.295 mm, lebar 2.090 mm, tinggi 2.785 mm, dan wheelbase 3.990 mm.

Mirip-mirip dengan bus kecil di Indonesia yaitu Fuso Canter dan Isuzu Elf. Sayang, Hongqi tidak mengumumkan harga dari bus mewah tersebut. Besar kemungkinan, pasti bus tersebut memang hanya akan dipasarkan di China.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button