Otomotif

Persiapan Mudik Lebaran, Ini Tips untuk Memilih Ban Mobil Anda : Okezone Otomotif

JAKARTAMudik Lebaran adalah sebuah momen yang banyak ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Setiap tahun, jutaan orang menggunakan jalur darat memadati jalan-jalan di berbagai wilayah Indonesia melakukan perjalanan mudik pulang ke kampung halamannya.

Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, terutama mobil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai persiapan demi kelancaran dan keamanan mudik. Salah satu hal tersebut adalah terkait ban kendaraan Anda, mengingat “alas kaki” mobil ini memiliki fungsi yang sangat penting.

Memilih ban mobil yang tepat sebelum mudik perlu dilakukan untuk kelancaran perjalanan. Salah memilih ban dapat mempengaruhi kenyamanan dalam berkendara. Bahkan lebih parahnya lagi, bisa-bisa mengakibatkan kecelakaan yang dapat berujung fatal.

Sebut saja jika mudik menggunakan ban full off-road padahal jalan yang dilalui adalah jalan beraspal halus. Maka mobil akan sulit seimbang dan daya cengkramnya rendah. Untuk itu perlu memilih jenis ban yang tepat pada untuk perjalanan mudik aman.

Nah berikut adalah tips memilih ban mobil yang tepat pada untuk aman untuk mudik, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, Senin (31/3/2024).

Kenali jenis ban 

Ban milik banyak jenis. Misalnya ban tubeless yang memiliki cairan anti-bocor saat pertama kali dipasang. Kelebihannya adalah lebih tahan udara dan tidak mudah kempes bahkan tanpa menggunakan ban dalam.




Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kemudian ada ban bias terbuat dari lembaran cord yang ditenun dengan pola zig-zag membentuk sudut 40 sampai 65 derajat terhadap keliling ban. Ada juga ban All Terrain dirancang khusus untuk melaju di medan dengan kerikil, tanah, atau bahkan air. Ban ini cocok untuk mobil jenis offroad.

Jenis ban lainnya adalah ban radial terbuat dari lapisan serat yang menyilang di sepanjang lingkar ban. Jenis ini cocok digunakan pada kendaraan penumpang maupun truk bermuatan ringan.

Selanjutnya ada ban RFT (Run Flat Tyre) tetap dapat digunakan dengan aman pada kecepatan tertentu meskipun dalam kondisi kempes. Jenis ini diklaim dapat melaju dengan tekanan 0 hingga 80 km dan kecepatan maksimal 80 km/jam.

Dari banyaknya jenis ban, pastikan ban cocok dengan mobil yang digunakan dan pas dengan rute yang akan dilalui.

Amati ukuran ban 

Selain jenis dan kualitas, ukuran ban mobil juga merupakan faktor penting yang harus diperhatikan saat memilih ban mobil. Ukuran ban mobil terdiri dari tiga angka yang menunjukkan lebar, rasio aspek, dan diameter pelek.

Misalnya, pada ban mobil dengan ukuran 205/55 R16, 205 menunjukkan lebar ban dalam milimeter, 55 menunjukkan rasio aspek, dan 16 menunjukkan diameter pelek dalam inci.

Perhatikan motif ban

Pola desain motif ban memiliki peran penting karena dapat meningkatkan gesekan ban dengan permukaan jalan. Jika gesekan tersebut rendah, maka risiko terpeleset atau tergelincir di jalan akan menjadi lebih tinggi.

Misalnya, jika sering melewati jalan yang licin dengan curah hujan tinggi, disarankan untuk memilih ban dengan motif berdesain V karena memiliki gaya gesekan yang tinggi dan dapat mengurangi risiko tergelincir di jalan licin.

Namun, jika medan yang sering dilalui cenderung bergelombang, maka motif ban berdesain bulat merupakan pilihan yang tepat. Setelah memilih motif ban yang sesuai, penting untuk secara rutin menggantinya ketika pola desain ban sudah mulai halus.

Cek ketebalan ban 

Ketebalan ban akan berpengaruh pada keseimbangan kendaraan dan meningkatkan performanya. Tidak mengherankan jika ban yang memiliki ketebalan yang tepat cenderung memiliki profil yang lebih tinggi daripada ban tanpa profil (ketebalan). Secara umum, ban yang baik memiliki ketebalan sekira 50.

Cek tahun pembuatan 

Tahun pembuatan ban juga menjadi hal krusial untuk mengukur kualitas ban. Tahun pembuatan ban bisa dilihat dari 4 digita nomor yang terdapat di sisi luar dinding ban. Misalnya Anda menemukan angka 2123, maka berarti ban tersebut diproduksi pada minggu ke-21 tahun 2023.

Ikuti anjuran pabrik

Ban yang disediakan oleh pabrik umumnya digunakan sebagai acuan untuk memastikan ban yang dibeli sesuai. Terutama, tekanan udara yang direkomendasikan oleh pabrik telah dipertimbangkan untuk faktor keselamatan, performa ban, dan lainnya, sehingga lebih aman. 

Produsen mobil telah menentukan dan melakukan banyak studi terkait ban yang cocok untuk setiap mobil, termasuk tekanan udara yang dianjurkan dan bobot yang tepat. Umumnya, rekomendasi mengenai ban dari produsen mobil dapat ditemukan pada bagian pintu mobil.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button