Politik

Sistem Pemilu Proporsional Tertutup: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan : Okezone News

JAKARTA – Sistem proporsional tertutup kian santer diperbincangkan dalam pelaksanaan pemilihan umum 2024 mendatang. Sistem ini kemungkinan akan diberlakukan pada pesta demokrasi nanti.

Sistem proporsional tertutup adalah satu macam dari sistem perwakilan berimbang dimana pemilih hanya dapat memilih partai politik secara keseluruhan dan tidak dapat memilih kandidat. Dalam sistem ini, kandidat dipersiapkan langsung oleh partai politik.




Berbeda dengan sistem pemilu proporsional tertutup, sistem pemilu proporsional terbuka adalah sistem pemilu dengan pemilih dapat mencoblos nama atau foto kandidat langsung yang dicantumkan di surat suara.

Dalam sistem daftar tertutup, masing-masing partai politik telah menentukan terlebih dahulu siapa yang akan memperoleh kursi yang dialokasikan kepada partai tersebut dalam pemilu, sehingga calon yang menempati urutan tertinggi dalam daftar ini cenderung selalu mendapat kursi di parlemen sedangkan calon yang diposisikan sangat rendah pada daftar tertutup tidak akan mendapatkan kursi.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya


Sistem proporsional tertutup digunakan saat era Orde Lama dan Orde Baru. Sistem ini dianggap dapat memberikan kekuasaan mutlak kepada eksekutif, sehingga dapat mengurangi demokrasi suatu negara. Sistem ini juga dapat menimbulkan peluang dominasi partai besar.

Berikut kelebihan dan kekurangan dari sistem pemilu proporsional tertutup.

Kelebihan

1. Memaksimalkan peran partai politik dalam kaderisasi sistem perwakilan

2. Mendorong institusionalisasi partai politik

3. Mampu meminimalisasi praktik politik uang

Kekurangan

1. Pemilih tidak punya peran dalam menentukan siapa wakil dari partai mereka 2. Tidak responsif terhadap perubahan yang cukup pesat

3. Menjauhkan hubungan antara pemilih dan wakil rakyat pascapemilu


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button