Daerah

DPMD Kapuas pantau inovasi TTG dan Posyantekdes – ANTARA News Kalimantan Tengah


Kuala Kapuas (ANTARA) – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah melakukan monitoring atau pemantauan inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG), pembinaan desa-desa prioritas dan sosialisasi Posyantekdes di dua kecamatan daerah setempat.

“Ada dua kecamatan yang kita datangi, yakni Kecamatan Basarang dan Tamban Catur, untuk melakukan pembinaan desa-desa prioritas terkait TTG dan sosialisasi berkaitan Posyantekdes,” kata Kepala Dinas PMD Kapuas, melalui Analis Kebijakan Ahli Muda Bidang Pemberdayaan Desa Dan Kelurahan, Totok Indaryanto di Kuala Kapuas, Minggu.

Dinas PMD sebagai instansi pembina dalam hal penguatan pemberdayaan masyarakat yang ada di desa, mendorong, mendukung dan mencoba memfasilitasi terkait pembentukan dan pengelolaan Posyantekdes yang ada di dua  kecamatan tersebut.

“Ini di dapat bisa tumbuh dan berkembang untuk memacu perekonomian dan perkembangan desa itu sendiri,” katanya.

Baca juga: Gubernur Kalteng gratiskan ribuan paket sembako ke warga Kapuas-Pulpis

Untuk di Kecamatan Basarang sendiri ada empat desa terkait inovasi TTG, antara lain Desa Bungai Jaya inovasi TTG alat penabur pupuk tanaman nanas, Desa Maluen pembuatan Mandau, Desa Basungkai alat pembuatan cobek batang kelapa dan akasia dan Desa Lunuk Ramba, alat pembuatan pupuk asap cair.

Sedangkan pembentukan Posyantekdes ada 11 desa, di antaranya Desa Pangkalan Rekan, Basarang, Basungkai, Maluen, Pangkalan Sari, Lunuk Ramba, Basarang Jaya, Bungai Jaya, Panarung, Tambun Raya dan Desa Naning.

Kemudian, lanjutnya, untuk Kecamatan Tamban Catur, inovasi TTG ada sebanyak tiga desa yakni, Desa Tamban Baru Timur, asap cuka air, Desa Sidomulyo, Biogas dan pupuk organik dan Desa Bandar Raya, program budidaya ikan air tawar berupa bantuan kolam ikan, alat penangkap belut dan inovasi pengolahan pakan ikan.

“Untuk Posyantekdes sendiri, ada 10 desa yakni, Desa Tamban Baru Timur, Tamban Baru Tengah, Tamban Baru Mekar, Bandaraya, Sidorejo, Warna Sari, Bandar Mekar, Sidomulyo dan Desa Tamban jaya,” demikian Totok Indaryanto.

Baca juga: Gerakan Pangan Murah Pemprov Kalteng di Kapuas disambut antusias masyarakat

Baca juga: TPPBD DPMD Kapuas sudah selesaikan 100 batas desa

Baca juga: TPPBD DPMD Kapuas sudah selesaikan 100 batas desa




Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button