Olahraga

Gregoria sebut kekuatan pola pikir penting jelang World Tour Finals


Jakarta (ANTARA) – Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung mengatakan kekuatan pola pikir adalah salah satu hal penting untuk dipersiapkan beriringan dengan kondisi fisik yang prima jelang BWF World Tour Finals (WTF)  di Hangzhou, China, Desember.

Gregoria menilai, kedua hal tersebut menjadi penting mengingat format kompetisi BWF World Tour Finals berbeda dari turnamen-turnamen lainnya.

Jika turnamen BWF pada umumnya langsung memakai sistem gugur sejak putaran pertama, maka World Tour Finals akan diawali babak penyisihan grup menggunakan sistem round robin.

“Tahun lalu saya sudah pernah main juga (di World Tour Finals) dan satu grup sama An Se Young (Korea Selatan), Akane Yamaguchi (Jepang), dan Chen Yu Fei (China). Jadi buat saya, walaupun gim pertama menang, saya tetap harus fokus ke gim selanjutnya karena itu juga memengaruhi posisi kita di grup,” kata Gregoria saat ditemui di Jakarta, Senin.

“Dan kalau kalah juga tidak boleh langsung down karena besok juga harus langsung main lagi. Pastinya ini pengalaman yang bagus juga untuk saya, apalagi di Olimpiade (sistemnya) juga sama. Saya mau coba sebaik mungkin untuk mencapai posisi yang baik di grup,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Jonatan tak ingin berpuas diri dan maksimalkan peluang di WTF

Mengenai pola pikir, Gregoria menilai setiap atlet yang berkompetisi di ajang tersebut juga pasti memiliki caranya sendiri bisa wafat terus fokus, terlepas menang maupun kalah.

“Kalau pun kalah, sebaik mungkin tidak dipikirkan (terlalu lama) karena besoknya masih main lagi. Mau tidak mau harus mencari jalan keluarnya untuk bisa enjoy di setiap match,” kata Gregoria.

“Saat ini masih belum ada draw. Tapi saya ingin tampil dan mencari posisi yang baik di grup supaya bisa melaju ke semifinal,” ujarnya menambahkan.

Gregoria mengatakan sudah mulai berlatih sekaligus fokus dengan pemulihan kondisi telapak kakinya yang sempat cedera dan memengaruhi penampilannya di China Masters 2023 beberapa waktu lalu.

“Sabtu (25/11) kemarin sudah mulai latihan untuk mengembalikan kondisi fisik. Persiapan ini akan saya manfaatkan sebaik mungkin,” kata atlet asal Wonogiri tersebut.

Baca juga: Pelatih: Gregoria fokus pemulihan cedera jelang World Tour Finals

Baca juga: PBSI pastikan dampingi atlet bisa wafat terus berada di kondisi prima

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2023


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button