Otomotif

Musim Hujan, Kenali 5 Ciri Wiper Harus Diganti : Okezone Otomotif

JAKARTA – Pemilik mobil sebaiknya mengetahui ciri-ciri wiper atau penyeka kaca ketika sudah waktunya harus diganti. Hal itu mengingat wiper memiliki peran yang sangat vital, apalagi di tengah musim hujan saat ini.

Di musim hujan, wiper akan bertugas membersihkan pandangan dari guyuran air hujan saat berkendara. Dengan wiper yang sudah tidak berfungsi, akan sulit sekali melihat jalan dan bisa berbahaya.


Karena itu, pastikan wiper mobil selalu dalam kondisi baik. Jika dirasa fungsinya sudah berkurang, segeralah perbaiki. Jika sudah tidak dimungkinkan, segera ganti dengan wiper baru.

Berikut ciri-ciri wiper yang harus diganti, seperti dilansir dari Hansma Automotiv pada Rabu (10/1/2024) :

1. Rangka Mulai Bengkok

Segera lakukan perbaikan jika rangka wiper mobil mulai bengkok. Rangka wiper yang bengkok tentu beberapa sisinya tidak akan menyentuh kaca, jika sudah begini kaca tidak akan bersih maksimal.

Jadi jangan tunggu lama untuk memperbaiki wiper yang bengkok. Jika sudah diperbaiki, berhati-hatilah ketika ingin menekuknya.

2. Bekas Goresan di Kaca

Wiper berfungsi untuk membersihkan pandangan. Bukan malah menambah goresan pada kaca yang justru akan mengganggu.

Goresan di kaca depan mobil menandakan wiper harus diganti. Jika dibiarkan, goresan akan menjadi lebih parah. Lama-kelamaan akan membuat pengemudi kesulitan melihat jalan.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Ada Celah Wiper dengan Kaca

Adanya celah antara wiper dan kaca sudah pasti membuat kinerja wiper sia-sia. Wiper tidak akan menyentuh kaca sehingga kaca tidak akan bisa dibersihkan. Jika menemukan hal ini, segera ganti wiper.

4. Bunyi Berdecit

Bunyi berdecit saat wiper digunakan merupakan tanda wiper sedang tidak baik-baik saja. Cobalah untuk membersihkan wiper. Jika setelah dibersihkan masih juga bunyi, bisa segera ganti dengan wiper baru.

5. Karet Pisau Retak

Karet pada wiper bisa saja rusak lantaran terpapar sinar UV. Bila ini terjadi, karet tak akan menyentuh kaca secara sempurna. Jika menemui kondisi ini, berarti sudah waktunya untuk mengganti dengan wiper baru.

Jangan lupa untuk selalu memeriksa kondisi wiper setelah diganti. Ini akan sangat berguna untuk mengetahui kondisi karet wiper akan meminimalkan masalah kaca depan mobil lecet.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button