Daerah

Capaian opini WDP laporan keuangan Kapuas jadi perhatian – ANTARA News Kalimantan Tengah


Kuala Kapuas (ANTARA) – Hasil pemeriksaan BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah terkait laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Kapuas tahun anggaran 2022 menjadi perhatian karena mendapat opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

“Opini WDP yang diberikan oleh BPK RI atas laporan keuangan Pemkab Kapuas Tahun Anggaran 2022 mengalami penurunan satu tingkat jika dibanding dengan opini atas laporan keuangan tahun lalau yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” kata Pelaksana Tugas Bupati Kapuas, Muhammad Nafiah Ibnor di Kuala Kapuas, Senin.

Hal itu disampaikan oleh orang nomor satu di kabupaten setempat ini, saat menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2022, melalui rapat paripurna DPRD Kabupaten Kapuas.

Dijelaskan, penurunan opini tersebut antara lain dipengaruhi oleh adanya penyajian realisasi belanja barang dan jasa, belanja modal, penyajian nilai investasi jangka panjang, serta penyajian saldo aset tetap yang belum diimplementasikan secara optimal sesuai kebijakan akuntansi Pemkab Kapuas.

Baca juga: Petani di Kapuas diminta waspadai penipuan bermodus bantuan alsintan

Saat ini, pemerintah kabupaten setempat telah dan sedang melaksanakan tindak lanjut dari rekomendasi-rekomendasi yang diberikan oleh BPK RI atas laporan hasil  pemeriksaan terhadap  laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2022.

Selanjutnya, berdasarkan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2010, tentang pedoman  pelaksanaan fungsi  pengawasan DPRD terhadap tindak lanjut  hasil pemeriksaan BPK RI pada pasal 9 bahwa DPRD melakukan monitoring kepada pemerintah daerah atas pelaksanaan tindak lanjut laporan hasil pemeriksaan tersebut.

Secara khusus ketika pemerintah daerah mendapat opini Wajar Dengan Pengecualian, pada pasal 10 ayat 2 bahwa DPRD dapat melakukan pengawasan dan monitoring kepada pemerintah daerah untuk mendorong tindak lanjut atas temuan ataupun rekomendasi yang diberikan oleh BPK RI.

“Kita semua berharap kedepannya dengan adanya koreksi-koreksi dari BPK RI dan juga semangat, serta dorongan  dari DPRD yang terhormat dalam pengelolaan keuangan daerah menjadikan Pemkab Kapuas, menjadi lebih  baik lagi, baik itu dalam hal  penyajian  laporan keuangan, system pengendalian intern, maupun kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan. Sehingga harapan besarnya dari semua itu, tentunya adalah pembangunan yang lebih maju, pelayanan serta kesejahteraan masyarakat semakin meningkat,” demikian Nafiah Ibnor.

Baca juga: IBI Kapuas didorong tingkatkan peran wujudkan pelayanan kesehatan berkualitas

Baca juga: Puluhan pelaku UMKM di Kapuas dilatih keterampilan menjadi barista

Baca juga: Kapuas siap kirimkan atlet pada Porprov Kalteng




Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button