Daerah

Bupati Kotabaru Sayed Jafar buka Festival Katir Race


Kotabaru (ANTARA) – Bupati Kotabaru Kalimantantan Selatan Sayed Jafar membuka Festival Katir Race dan upacara adat Malasuang Manu di Pantai Desa Teluk Aru Kecamatan Pulau laut Kepulauan.

“Saya berharap untuk semu pihak dapat berkontribusi dalam penyelenggaraan festival kali ini, sebagai wujud dan komitmen bersama untuk memajukan sektor pariwisata,” Sayed Jafar melalui sisaran pers tertulis Kominfo di Kotabaru, Ahad.

Baca juga: Katir race perlu dikembangkan

Bupati mengatakan, Festival Katir Race merupakan salah satu upaya nyata dalam melestarikan, mengembangkan dan juga mempromosikan pariwisata serta budaya lokal yang ada di Kabupaten Kotabaru.

Melalui festival ini kita bisa menyaksikan tradisi adat istiadat dan seni budaya yang merupakan kekayaan yang harus kita jaga dan syukuri dan menjadi ajang untuk memperkuat solidaritas antar masyarakat, pemerintah dan pelaku usaha serta  meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal.

“Saya ucapkan selamat kepada seluruh jajaran Kecamatan serta panitia yang sudah melaksanakan kegiatan adat ini, walaupun ditahun ini baru di adakan kembali, karena sudah empat tahun pesta adat masyarakat teluk Aru tidak dilaksanakan,” katanya

Oleh sebab itu, kegiatan seperti ini perlu di apresiasi dan dilestarikan sebagai salah satu sarana mempromosikan tradisi lokal untuk menarik wisatawan yang ingin berkunjung ke Bumi Saijaan khusus nya pantai teluk aru.

Baca juga: Lomba perahu Katir di Pulau Kerayaan resmi dibuka

Sementara itu, Kepela Desa Teluk Aru Jalamani sekaligus Ketua Panitia Festival Katir Race, mengatakan, berterima kasih kepada Bupati Kotabaru yang sudah menyempatkan berhadir di acara tahunan ini, walaupun empat tahun yang lalu pesta ini tidak dilaksanakan.

“Kami, bersama masyarakat Desa Teluk Aru sangat berharap kepada pemerintah jikalau pada wisata yang berada diujung kepulauan ini bisa mendapatkan perhatian, khususnya infrastruktur jalan. Karena jalan menuju lokasi pantai sangat memprihatikan dan perlunya perbaikan,” kata Jalamani.

“Semoga ditahun yang akan datang, perayaan festival ini bisa meriah lagi, dan fasilitas ditempat pantai ini bisa lebih bagus lagi, seperti panggung hiburan, pondopo pengunjung serta stand stand UMKM yang layak diperbaharui, tutupnya”.

Festival Katir Race sebelum hari puncak sudah melaksanakan beberapa event, diantaranya lomba karaoke lagu mandar, lomba volli ball, serta beberapa cabang yang sudah dilangsungkan dari tanggal 20 sampai 26 Agustus.

Baca juga: DPRD Kotabaru Dukung “Katir Race” Destinasi Nasional


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button