Ekonomi

Pelindo Regional II Panjang siap melayani arus mudik Lebaran 2024


Kami siap mendukung kegiatan arus mudik Lebaran tahun 2024. Kami telah menyiapkan berbagai fasilitas…

Bandarlampung (ANTARA) – General Manager Pelindo Regional II Panjang Imam Rahmiyadi mengatakan kesiapan Pelabuhan Panjang di Bandarlampung, Lampung dalam menghadapi arus mudik Idul Fitri 1445 H/tahun 2024 sesuai penugasan dari pemerintah untuk menjadi pelabuhan alternatif yang melayani para pemudik.

“Kami siap mendukung kegiatan arus mudik Lebaran tahun 2024. Kami telah menyiapkan berbagai fasilitas, yakni dermaga C dengan panjang 375 meter, tiga unit motor pandu, dan empat unit kapal tunda untuk pemanduan dan penundaan serta penyandaran kapal,” kata Imam dalam keterangannya, di Bandarlampung, Minggu.

Selain itu, kata dia lagi, disediakan pula area pendukung yakni Lapangan 005 D (buffer area) dengan luas 13.652 m2 yang dapat menampung total seribu lebih unit kendaraan pemudik.

Sarana tersebut untuk menjamin bisa wafat para penumpang tetap aman, nyaman, sehat, dan lancar selama periode mudik Lebaran tahun 2024 ini.

Pelindo Regional II Panjang juga menyediakan fasilitas-fasilitas lainnya, seperti ruang tunggu penumpang, mushala, ruang laktasi, toilet portabel serta tenda. Bahkan ruang tunggu tambahan pun disiapkan antisipasi jika terjadi lonjakan jumlah penumpang, hingga penambahan personel keamanan, sebagai komitmen kami dalam memberikan pelayanan.

“Kami sebagai operator pelabuhan selalu siap dalam menghadapi dan melayani pemudik yang akan masuk Provinsi Lampung melalui Pelabuhan Panjang ataupun sebaliknya, dengan selalu berkoordinasi bersama KSOP Kelas I Panjang dan Pemerintah Provinsi Lampung hingga TNI/Polri dan unsur Forkopimda maupun unsur maritim lainnya,” katanya pula.

Dengan demikian arus mudik dan arus balik Lebaran tahun 2024 ini dapat berjalan aman dan nyaman bagi para pemudik, sesuai slogan yang dirilis Kementerian Perhubungan tahun 2024 yakni “Mudik Ceria, Penuh Makna”, katanya lagi.

Baca juga: Pelindo jamin layanan pelabuhan optimal selama libur panjang

Baca juga: Pelindo Lampung meningkatkan pengelolaan pelabuhan ramah lingkungan

Pewarta: Agus Wira Sukarta/Emir Fajar Saputra
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button