Otomotif

Ini Ciri Freon AC Mobil Habis, Wajib Periksa Jika Sudah Ada Indikasi : Okezone Otomotif

 

JAKARTA – AC pada mobil merupakan salah satu bagian yang tidak boleh terlewat dalam perawatan, karena pemakaiannya dilakukan terus menerus sepanjang penggunaan kendaraan roda empat itu.


Salah satu masalah yang sering muncul adalah hembusan AC tidak dingin akibat freon AC mobil habis.

Yup, freon AC mobil merupakan senyawa kimia atau gas yang biasa digunakan sebagai fluida untuk menyerap beban pendinginan ruangan.

Kemudian, apabila pada saat freon berkurang atau habis, maka kinerja dari AC mobil tidak optimal lagi. Penyebab habisnya freon umumnya karena kebocoran pada salah satu komponen AC.

Maka dari itu, sangat penting mengetahui ciri atau tanda-tanda freon AC mobil sudah habis, simak berikut ulasannya, dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (25/11/2023).

Ciri Freon AC Mobil Habis

1. Penurunan Suhu Ventilasi AC

Penurunan suhu ventilasi AC disebabkan oleh kebocoran pada salah satu seal, selang, atau fitting yang disebabkan oleh Freon yang bertekanan.

Dalam skenario ini, akan ada emisi berupa awan putih dari area tempat kebocoran terjadi.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin juga mendengar suara mendesis. Selain itu, Anda mungkin juga mencium bau freon di dalam mobil.

 BACA JUGA:

2. Bacaan Pengukur Rendah

Memperhatikan pembacaan tekanan AC mobil adalah cara yang baik untuk memeriksa level freon di dalam mobil.

Anda dapat memeriksa freon di mobil Anda menggunakan pengukur setelah Anda tahu cara memeriksanya.


Follow Berita Okezone di Google News


Port layanan rendah dan tinggi dari pengukur manifold AC harus dihubungkan. Gunakan fitting pelepas cepat untuk menghubungkan selang pengukur merah ke port service di sisi atas pengukur. Pastikan selang pengukur biru terhubung ke port servis sisi bawah.

Nyalakan tombol pengukur merah dan biru saat mesin dan AC mati untuk mendapatkan pembacaan yang benar. Anda harus mendapatkan pembacaan tekanan udara antara 80 dan 105 psi.

AC harus membaca sekitar 200 hingga 350 psi di sisi tinggi dan 25 hingga 35 psi di sisi rendah jika Anda melakukan pembacaan yang sama dengan AC yang disetel ke pengaturan tertinggi. Anda harus memeriksa pembacaan mobil Anda jika lebih rendah dari ini.

3. Kebocoran Freon yang Terlihat Sangat Jelas

Kebocoran freon yang terlihat sering kali menandakan rendahnya kadar freon pada mobil Anda.

Freon terlihat seperti minyak dalam keadaan cair, tetapi mengandung sedikit minyak yang memungkinkan untuk melumasi kompresor.

Jika Anda menduga sistem AC mobil Anda mengalami kebocoran freon, periksalah berbagai komponennya. Pastikan untuk memeriksa saluran tekanan, port servis, poros depan, akumulator, kondensor, dan semua perlengkapan yang terhubung ke kompresor.

Jika komponen ini mengembangkan aliran film atau cairan, Anda mungkin mengalami kebocoran freon. Kemudian, bersihkan film atau aliran ini, dan jika muncul lagi, kemungkinan besar kendaraan Anda mengalami kebocoran freon atau freon hampir habis.

4. Kaca Sight

Anda dapat mendeteksi pergerakan Freon melalui saluran bertekanan tinggi dengan melihat komponen ini. Cairan bening akan mengalir melalui saluran jika freon berada pada level optimal.

Adanya gelembung menunjukkan kadar freon yang rendah. Tidak ada freon di mobil Anda jika Anda tidak melihat gerakan apa pun.

5. AC Tidak Mengeluarkan Udara Dingin

Jika Anda menyetel AC mobil ke suhu dingin, maka seharusnya AC akan mengeluarkan udara dingin dengan suhu yang sesuai tergantung kadar freon.

 BACA JUGA:

AC meniupkan udara hangat atau panas ketika Anda mengaturnya untuk mengeluarkan udara dingin adalah salah satu tanda paling jelas dari ciri-ciri freon ac mobil habis.

Karena kekurangan freon, sistem pendingin menjadi tidak bertekanan dan tidak bersirkulasi.

6. Kopling Tidak Melakukan Tarikan

Ciri-ciri freon AC mobil habis selanjutnya adalah kopling tidak melakukan tarikan. Kompresor mobil Anda normalnya akan mendapat tekanan saat kopling AC diaktifkan.

Setiap kali Anda menyalakan AC di mobil Anda, pasti akan mendengar suara klik.

Saat kopling AC diaktifkan, akan terdengar bunyi klik. Kopling AC mendeteksi jumlah Freon dalam sistem.

Apabila kopling tidak dapat digunakan atau tidak melakukan tarikan, maka dapat dipastikan level freon sangat rendah. Kompresor mungkin tidak dapat memampatkan udara karena tingkat freon yang rendah.

 Syifaraudha


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button