Ekonomi

Bagian dari Transformasi BLK, Workshop Satelit Kemnaker di Sofifi Resmi Beroperasi


Suara.com – Pembangunan satuan pelayanan bidang pelatihan vokasi dan produktivitas di Kota Sofifi, Maluku Utara telah selesai.

Pembangunan satuan pelayanan berupa workshop jarak jauh di bawah naungan BPVP Ternate tersebut merupakan salah satu bagian dari Transformasi BLK yang merupakan satu dari 9 Lompatan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. 

Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan, Caswiyono Rusydie Cw mengatakan, Workshop satelit yang berada di Pulau Halmahera ini dibangun sejak tahun 2021, dan kini telah beroperasi.

“Workshop ini difokuskan untuk mempersiapkan tenaga kerja lokal yang kompeten di sektor pertambangan dan pertanian,” kata Caswi saat meninjau workshop satelit di Kota Sofifi, Maluku Utara, Jumat (14/7/2023).

Baca Juga:
Diperkuat 56 Atlet, Kemnaker Ikut Kejuaraan PORNAS XVI KORPRI 2023

Caswi menjelaskan, pelatihan kompetensi di sektor pertambangan didesain untuk melakukan transfer knowledge and skill dari TKA ke tenaga kerja lokal. Sedangkan pelatihan pertanian dan perikanan, termasuk pengolahan hasil pertanian dan perikanan diarahkan untuk mendukung sektor pertanian dan perikanan yang menjadi potensi utama ekonomi masyarakat di kepulauan rempah ini.

Ia mengemukakan, pembangunan wokshop di atas lahan 5 hektar tersebut merupakan kolaborasi multi-pihak, yaitu pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan swasta.

“Lahannya merupakan aset Pemerintah Provinsi Maluku Utara yang dihibahkan kepala Pemerintah Pusat. Sedangkan pembangunan seluruh gedung dan penyiapan infrastruktur pelatihan dilakukan oleh Kementerian Ketenagakerjaan,” ucap kandidat doktor Institut Pertanian Bogor ini.

Adapun partisipasi pihak swasta dalam pembangunan workshop ini datang dari PT Indonesia Wedabay Industrial Park (IWIP) dan PT Wanatiara Persada. PT IWIP menyumbang 1 alat berat berupa exavator dan PT Wanatiara Persada menyumbang 17 komputer. 

Kemnaker berterima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi atas partisipasi dan kolaborasi berbagai pihak, khususnya pihak swasta,” ucapnya.

Baca Juga:
Kemnaker Dorong Pengusaha Susun Struktur dan Skala Upah Demi Terwujudnya Upah yang Berkeadilan

Pihaknya berharap kolaborasi positif ini menjadi model yang dapat dikembangkan di balai-balai vokasi lain. “Kami mengajak pihak swasta dan para pelaku usaha lainnya untuk terlibat berkolaborasi dalam pengembangan kompetensi melalui  pengembangan balai pelatihan vokasi,” ucapnya.

Kepala BPVP Ternate, Abdul Aziz menambahkan, woskhop balai pelatihan vokasi ini telah beroperasi sejak tahun 2022.

“Tahun 2022 lalu kami telah menyelenggarakan pelatihan operator exavator sebanyak 2 paket dan tahun 2023 kembali melakukan pelatihan operator exavator 4 paket. Selain itu, kami juga telah menyelenggarakan pelatihan pembubidayaan sayuran 2 paket dan pelatihan pembibitan ikan air tawar 2 paket,” katanya.

Ia mengungkapkan, seluruh alumni pelatihan exavator yang berjumlah 32 orang telah terserap di industri pertambangan di Pulau Halmahera, Maluku Utara dan Morowali, Sulawesi Utara.




Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button