Otomotif

Kecelakaan Selama Mudik Lebaran 2024, Paling Banyak Libatkan Pengendara Motor : Okezone Otomotif

JAKARTA – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Irjen Aan Suhanan menyatakan kecelakaan pada arus mudik Lebaran 2024 paling banyak melibatkan pengendara sepeda motor. Angkanya bahkan mencapai 73%.

“Yang terlibat kecelakaan masih sepeda motor yang tertinggi. Sepeda motor ini masih tertinggi itu 73 persen,” kata Aan Suhanan kepada wartawan, Jumat (12/4/2024).

Kendaraan lainnya yang paling banyak terlibat kecelakaan saat arus mudik adalah bus.

“Disusul oleh kendaraan angkut orang atau bis 12 persen. Kemudian disusul oleh angkutan barang 10 persen, dan mobil pribadi 2 persen. Yang lainnya 3 persen,” tuturnya.

Aan menjelaskan, pihaknya mencatat ribuan insiden kecelakaan yang terjadi, baik di ruas jalan tol maupun arteri. Namun, Aan menegaskan, angka tersebut mengalami penurunan jika dibanding tahun sebelumnya.

“Secara nasional kecelakaan lalu lintas ini ada penurunan dari 2.159 turun menjadi 1.835 atau turun 15 persen,” ucapnya.




Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Penurunan jumlah kecelakaan itu, kata Aan, berbanding lurus dengan menurunnya jumlah korban jiwa yang ditimbulkan.

“Kemudian yang meninggal juga ini turun, ya 3% dari 291 menjadi 281. Untuk luka berat ini ada kenaikan 13 persen dari 281 menjadi 317. Untuk luka ringan turun 3.036 menjadi 2.424. Itu kita bandingkan masa arus mudik dan balik tahun lalu 2023,” kata Aan.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button