Otomotif

8 Komponen Mobil yang Perlu Dicek Usai Mudik Lebaran 2024 : Okezone Otomotif

JAKARTA – Momen libur Lebaran 2024 telah usai. Masyarakat pun kembali melanjutkan rutinitasnya.

Bagi sebagian masyarakat, libur Lebaran juga diisi aktivitas mudik ke kampung halaman. Salah satunya dengan menggunakan mobil pribadi yang menempuh perjalanan yang cukup jauh. Selama perjalanan mudik, beragam kondisi seperti kemacetan lalu lintas, variasi medan jalan, cuaca, dan hal lainnya dapat mempengaruhi kondisi mobil.

Agar kendaraan tetap optimal usai menempuh perjalanan jauh saat mudik, berikut tips perawatannya, sebagaimana dibagikan Astra Daihatsu Motor, Rabu (24/4/2024) :

1. Ganti Oli Mobil

Sebagai pelumas penting komponen dalam mesin, periksa dan ganti oli mesin bila diperlukan sebelum pergi mudik, mulai dari oli mesin, oli gardan, oli rem, oli power steering, dan lain-lain. Pastikan pilih oli terbaik sesuai dengan spesifikasi mesin.

2. Cek Ban dan Kaki-Kaki

Sebagai penggerak utama mobil, kondisi ban wajib diperhatikan secara berkala. Selain mengukur tekanan ban, spooring dan balancing sangat penting dilakukan untuk menyeimbangkan kembali sudut-sudut roda supaya bisa berputar dengan seimbang.

Terlebih, komponen penting ini memiliki peran besar dalam keselamatan dan kenyamanan selama berkendara.

3. Periksa Rem

Perjalanan panjang dalam waktu lama, memberikan beban pengereman bekerja lebih keras. Oleh itu, pastikan komponen ini dalam keadaan baik, mulai dari kualitas minyak (oli) rem, kondisi kampas rem, dan piston rem.

4. Filter Bahan Bakar

Ketersediaan bahan bakar di setiap stasiun pengisian selama perjalanan mudik dapat bervariasi. Pastikan Sahabat juga mengecek filter bahan bakar, dan dapat menggantinya bila perlu untuk meminimalkan kotoran yang masuk ke dalam komponen ruang bakar.




Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

5. Ganti Air Radiator

Air radiator meredam panas pada dinding silinder ketika terjadi pembakaran dari kerja mesin. Oleh karena itu, mobil berkompresi tinggi diimbau menggunakan air radiator khusus supaya di kinerja pendingin mesin lebih optimal dan mampu mencegah karat pada sela mesin.

6. Periksa Aki dan Sistem Kelistrikan Mobil

Sebagai sumber daya utama kelistrikan pada mobil, aki yang bagus akan menjaga kinerja lampu, audio, dan mesin berjalan dengan optimal.

Sebaliknya, aki yang jarang dirawat atau bahkan tidak pernah di check dalam jangka waktu lama, dapat menyebabkan kinerja yang kurang maksimal atau mogok pada saat kendaraan akan digunakan.

7. Lampu dan Wiper

Komponen ini dapat dirawat melalui servis rutin sebelum mudik. Jika karet wiper fungsinya tidak bekerja dengan baik, segera lakukan ganti dengan yang baru supaya di dapat menyapu air dengan baik dan menjaga visibilitas ketika berkendara dalam kondisi hujan.

8. Filter Pendingin dan AC

Mobil dengan suhu yang dingin dan sejuk memberikan kenyamanan selama perjalanan. Lakukan pengecekan filter pendingin pada AC, termasuk pembersihan kondensor dan evaporator supaya di kinerja AC tetap optimal.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button