Otomotif

Alva Cervo vs Honda EM1 e:, Motor Listrik Subsidi Harga Rp30 Jutaan : Okezone Otomotif

JAKARTA – Motor listrik subsidi saat ini mencapai 50 model dari sejumlah produsen dan ditawarkan dengan harga yang beragam. Honda EM1 e: menjadi model terbaru yang masuk dalam program potongan pembelian Rp7 juta.


Honda EM1 e: dijual Rp40 juta, dan EM1 e: Plus ditawarkan dengan harga Rp40,5 juta, belum termasuk potongan subsidi Rp7 juta. Setelah mendapat potongan, harga motor listrik pertama dari Honda menjadi Rp33 juta dan Rp33,5 juta.

Untuk kisaran harga tersebut, Honda EM1 e: hanya memiliki satu rival, yakni Alva Cervo yang dijual Rp35,75 juta setelah subsidi. Namun, Alva juga menawarkan Cervo dengan varian yang lebih murah Rp5 juta, dengan satu unit baterai.

Sama-sama memiliki harga Rp30 jutaan, apa saja yang ditawarkan dan keunggulan masing-masing motor listrik tersebut?

Desain

Baik Alva Cervo dan Honda EM1 e: sama-sama menawarkan desain yang futurustis dan dinamis. Hanya saja Cervo memiliki tampilan yang lebih sporty berkat lekukan-lekukan tajam pada setiap sisi bodi.

Sementara EM1 e: menawarkan desain yang kompak sehingga sangat cocok untuk digunakan pada jalan perkotaan yang padat. Bodinya berbentuk dinamis tanpa banyak lekukan untuk memaksimalkan aliran udara yang berdampak pada konsumsi daya baterai.

Fitur

Alva Cervo dibekali dengan sejumlah fitur kekinian dengan mengusung lampu LED projector, lampu belakang LED DRL, mode berkendara Eco/Urban/Sport + Boost, port USB, gantungan tas, layar TFT LCD, dan sudah mengusung Smart Key System.

Sementara pada Honda EM1 e: terdapat fitur pencahayaan full LED, USB Power Charger, dan inner rack di depan, serta panel TFT digital. Sayang, motor listrik ini masih mengusung kunci konvensional untuk menghidupkan dan mematikan motor.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Performa

Soal baterai, Alva Cervo menggunakan baterai tipe Lithium berkapasitas 73.8 V 14 Ah (1,8 kWh) dan pengisian daya 1 kW. Waktu pengisian daya diklaim kurang lebih 4 jam untuk dua baterai. 

Motor listrik ini bisa menempuh kecepatan masimal 103 km/jam. Jarak tempuhnya diklaim mencapai 125 km menggunakan dua baterai. Tapi, jarak tersebut bisa tercapai apabila konsisten berada di kecepatan 30 km/jam.

Alva Cervo mengusung motor listrik tipe penggerak Mid Drive dengan kekuatan maksimal 9,8 kW dan torsi puncak 53,5 Nm.

Sementara Honda EM1 e: dibekali baterai Lithium-ion 50,26 V 29,4 Ah. Baterai ini dapat diisi ulang secara penuh (0-100%) dalam waktu 6 jam. Sementara itu pengisian baterai (25-75%) dalam waktu 2,7 jam menggunakan Honda Mobile Power Pack (MPP) e:.

Jarak tempuh motor listrik Honda ini mencapai 41,1 km dan kecepatan puncaknya 45 km/jam. Terdapat dua mode berkendara, yakni ECON dan Standar.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button