Teknologi

4 Tips Meredakan Sakit Akibat Psoriasis Di Rumah

4 Tips Meredakan Sakit Akibat Psoriasis Di Rumah
Ilustrasi – Psoriasis adalah gangguan autoimun yang menyebabkan peradangan dan penumpukan sel kulit(Freepik)

PSORIASIS adalah gangguan autoimun yang diperkirakan terjadi ketika sel darah putih Anda memproduksi terlalu banyak bahan kimia tertentu, yang pada gilirannya memicu peradangan. 

Penyakit ini membuat sel kulit terbentuk dan mati lebih cepat dari biasanya. Akhirnya akan ada penumpukan tebal sel pada kulit penderitanya. Penumpukan ini berupa plak warna merah keperakan yang menjadi ciri psoriasis. 

Psoriasis tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan fisik, tetapi plak yang menyakitkan, dan gatal ini juga dapat memengaruhi kesehatan mental. 

Baca juga : Penanganan Psoriasis Harus Libatkan Berbagai Pihak

Menentukan rencana pengobatan dan resep dokter memang sangat krusial dalam menghadapi penyakit ini. Namun, ada juga beberapa hal yang dapat dilakukan sendiri di rumah untuk meminimalkan gejala kambuhnya psoriasis. 

Berikut empat tips untuk mengurangi nyeri psoriasis di rumah:

1. Carilah obat yang dijual bebas

Mampir ke apotek atau bagian obat-obatan di supermarket untuk mencari pereda nyeri atau pereda gatal bukanlah ide yang buruk. 

Obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti asetaminofen, ibuprofen, atau naproxen dapat membantu meringankan rasa sakit akibat psoriasis sedang hingga berat, terutama untuk penderita nyeri artritis psoriasis. 

Baca juga : Jurus Tenang di Tengah Masa Pandemi

Krim topikal anti gatal dapat membantu mencegah perilaku menggaruk dan eksaserbasi plak yang sudah ada.

2. Gunakan Pelembab untuk melindungi kulit 

Pelembab membantu menjaga kulit supaya di tidak kering dan pecah-pecah, serta dapat mengurangi rasa gatal. Seseorang yang memiliki psoriasis disarankan membeli krim dan lotion tanpa pewangi, karena bahan kimia dalam pelembab beraroma cenderung memperburuk kondisi kulit. 

Produk topikal yang lebih berminyak seperti petroleum jelly juga bagus untuk menghidrasi kulit. Penting juga untuk diingat bahwa meskipun sinar matahari dapat membantu mengurangi plak psoriasis, sengatan matahari dapat memperburuknya. 

Baca juga : 5 Alasan untuk Menghindari Bekerja di Tempat Tidur

Pastikan untuk memakai tabir surya dengan SPF minimal 30 jika berencana untuk berada di bawah sinar matahari untuk sementara waktu.

3. Carilah Kegiatan Pelepas Stress 

Stres dan psoriasis adalah kombinasi yang buruk. Pasien sering melaporkan bahwa psoriasis mereka kambuh ketika sedang mengalami banyak stres. Di sisi lain, karena psoriasis adalah kondisi yang terlihat dan menimbulkan stigma, hal ini dapat menyebabkan stres emosional. 

Mempraktikkan aktivitas pelepas stres seperti meditasi dan yoga bisa sangat bermanfaat. Lakukanlah sesuatu yang membuat rileks, seperti berjalan-jalan di luar atau bekerja di taman. Mencari konseling atau bergabung dengan support group tatap muka atau virtual juga bermanfaat bagi banyak pasien.

4. Olahraga 

Olahraga tidak hanya dapat menghilangkan stres, tetapi menjaga berat badan angka yang stabil. Menjaga berat badan ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, hipertensi, dan kondisi lainnya. 

Selain itu, mempertahankan berat badan yang moderat dapat membuat obat psoriasis karena organ biologis bekerja lebih baik. Yang terpenting, pastikan Anda memeriksakan diri ke dokter secara rutin, dan memantau tidak hanya psoriasis Anda, tetapi juga kondisi kesehatan lainnya. Karena psoriasis sangat berkaitan dengan kondisi kesehatan lainnya. (CNN/Z-3)


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button