Otomotif

Mudik Pakai Motor, Ini Risiko Kesehatan yang Mengintai : Okezone Otomotif

JAKARTA – Sebanyak 193,6 juta diprediksi melakukan perjalanan mudik Lebaran 2024. Dari jumlah tersebut, sebanyak 31,12 juta jiwa atau sekitar 16,07 persen diperkirakan mudik menggunakan sepeda motor.

Data itu berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kementerian Perhubungan.

Polisi telah mengimbau masyarakat untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor.

“Untuk sepeda motor, itu kita tidak melarang, artinya tidak melarang, tapi mengimbau (tidak pakai motor),” kata Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan, seperti dikutip dalam keterangan resmi Humas Polri, Kamis (4/4/2024).

Sementara itu, mudik menggunakan sepeda motor memiliki sejumlah risiko terhadap kesehatan. Berikut risiko kesehatan jika mudik menggunakan motor, sebagaimana dilansir dari laman Kementerian Kesehatan RI, Kamis (4/4/2024):

1. Sakit pinggang

Mudik menggunakan sepeda motor bisa mengakibatkan sakit pinggang. Pasalnya, duduk berjam-jam bisa menyebabkan rasa sakit di bagian punggung. Hal ini biasanya disebabkan masalah kekuatan otot.

2. Ganggu metabolisme tubuh

Risiko kesehatan selanjutnya yang dapat mengintai karena mudik menggunakan sepeda motor adalah dapat mengalami gangguan metabolisme.

Beberapa penelitian terbaru menunjukkan, duduk selama berjam-jam dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh.

Tubuh mengalami penurunan kadar kolesterol baik, sehingga menimbulkan berbagai masalah kesehatan, maupun peningkatan kadar gula darah.

3. Nyeri otot

Selanjutnya, bermotor dalam waktu yang lama bisa menyebabkan nyeri leher atau otot. Keluhan ini bisa disebabkan peradangan pada sendi tulang belakang.




Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Konsentrasi menurun

Keempat, menggunakan sepeda motor untuk perjalanan mudik bisa menurunkan konsentrasi, sehingga berisiko terhadap terjadinya kecelakaan lalu lintas.

5. Kelelahan

Terakhir, menggunakan sepeda motor dalam waktu yang lama juga dapat mengakibatkan kelelahan, sehingga sering mengalami gangguan kesehatan dan kecelakaan di jalan.

Lantas, apa yang perlu diperhatikan pemudik bermotor untuk terhindar dari risiko gangguan kesehatan?

Sebaiknya, siapkan kesehatan baik fisik dan mental dan periksakan kesehatan dahulu sebelum perjalanan.

Pastikan kendaran dalam keadaan baik, hindari penggunaan obat yang menyebabkan kantuk dan minuman beralkohol.

Hindari membawa beban atau orang melebihi kapasitas, gunakan helm standar keselamatan, patuhi rambu-rambu lalu lintas, tidak menggunakan alat komunikasi saat mengemudi.

Beristirahatlah setiap 3-4 jam sekali dan istirahat saat mengantuk/lelah, hati-hati mengemudi saat turun hujan/cuaca buruk, dan jaga jarak dengan kendaraan lain.

Meski begitu, sebaiknya tidak mudik menggunakan sepeda motor, mengingat angka kecelakaan tertinggi selama musim mudik dialami pengendara sepeda motor.

Manfaatkan fasilitas mudik gratis atau fasilitas pengangkutan sepeda motor dengan kapal laut maupun kereta api dari pemerintah dan sektor swasta, atau gunakan moda transportasi umum.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button