Gaya Hidup

Nelayan hilang di Alor NTT ditemukan selamat di Timor Leste


Kupang (ANTARA) – Yason Mingotu (42) seorang nelayan di Kabupaten Alor Provinsi Nusa Tenggara Timur yang hilang kontak saat melaut sejak 26 Desember 2023 ditemukan dalam kondisi selamat setelah terdampar di wilayah Distrik Tanibar, Republik Remokratik Timor Leste (RDTL).

“Korban sudah ditemukan dalam kondisi selamat. Korban terdampar di perairan Distrik Tanibar, Republik Demokratik Timor Leste,” kata Kepala Basarnas Maumere Supriyanto Ridwan dalam keterangan yang diterima di Kupang, Jumat.

Menurut dia keberadaan korban Yason Mingotu (42) diketahui dalam kondisi selamat setelah pihak keluarga korban menerima informasi dari warga bahwa korban ditemukan oleh nelayan di wilayah Tanibar Republik Demokratik Timor Leste.

Ia menjelaskan setelah mendapat informasi tersebut tim SAR langsung melakukan koordinasi dengan aparat setempat serta KBRI di Dili Timor Leste.

Bahkan para petugas di KBRI Timor Leste juga telah melakukan komunikasi dengan warga Timor Leste di Distrik Tanibar yang pertama kali menemukan korban.

Menurut dia sesuai informasi dari Francelino Pereira Boavidan nelayan di Tanibar Republik Demokratik Timor Leste bahwa perahu yang ditumpangi korban saat ditemukan dalam keadaan mati mesin korban juga kondisi lemas karena logistik di perahu korban sudah habis.

Korban Yason Mingotu lalu di bawah ke rumah Francelino Pereira Boavidan untuk tinggal sementara hingga proses pemulangan selesai dilakukan.

Supriyanto Ridwan menyampaikan terima kasih kepada aparat Desa Kolana Utara, Kecamatan Alor Timur, Kabupaten Alor yang telah membantu dalam operasi SAR serta koordinasi dengan warga Timur Leste sehingga korban ditemukan dalam kondisi selamat.

Untuk diketahui seorang Nelayan di Kabupaten Alor bernama Yason Mingotu (42) dilaporkan belum kembali dari melaut sejak pergi melaut mencari ikan di perairan Desa Kolana Utara, Kecamatan Alor Timur, Kabupaten Alor, pada Selasa, 26 Desember 2023 lalu.

Seharusnya Yason Mingotu (42) pulang melaut pada keesokan harinya atau pada Rabu (27/12) namun korban tak kunjung kembali hingga akhirnya berhasil ditemukan.

Baca juga: Basarnas cari nelayan hilang tiga hari di perairan Alor NTT

Baca juga: Nelayan yang hilang di Flores Timur ditemukan dalam kondisi meninggal

Baca juga: Kapal internasional diminta ikut cari enam nelayan NTT yang hilang

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button