Otomotif

Berapa Pajak Mobil Listrik Wuling Air EV? Segini Uang yang Perlu Disiapkan : Okezone Otomotif

JAKARTA – Berapa pajak mobil listrik Wuling Air EV? Segini uang yang perlu disiapkan oleh pemilik kendaraan. Apalagi mobil listrik diyakini mampu membawa banyak keuntungan.

Selain ramah lingkungan lantaran tak menghasilkan gas buang, biaya operasional mobil listrik juga diklaim sangat ramah di kantong. Untuk itu peminat jenis kendaraan ini semakin banyak.

Lantas berapa pajak mobil listrik Wuling Air EV? Segini uang yang perlu disiapkan cukup murah. Tak dipungkiri jika mobil listrik tidak hanya menawarkan kepraktisan berkendara dan mobilitas yang ramah lingkungan, namun bisa membuat pengeluaran kepemilikan kendaraan menjadi lebih hemat karena tak perlu membeli bensin.

Biaya Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) untuk Wuling Air EV tercatat sebesar Rp388.500.Selain itu, terdapat biaya Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) sebesar Rp143.000.

Kemudian, ada biaya Administrasi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) sebesar Rp200.000, serta biaya Administrasi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) sebesar Rp100.000.




Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Tidak ada biaya Bea Balik Nama (BBN) yang harus dikeluarkan, sehingga pemilik kendaraan dapat menikmati keringanan ini sesuai dengan peraturan Gubernur No 41 Tahun 2021 di wilayah Jakarta. Hal ini membuat pajak tahunan dan BBN kendaraan listrik menjadi gratis.

Sementara itu, Wuling Motors menyampaikan bahwa total biaya perawatan mobil Wuling Air Ev sampai 100.000 Km atau kepemilikan 5 tahun, adalah Rp3,9 Jutaan (belum termasuk pajak). Biaya ini termasuk servis, ganti komponen, dan jasa perawatan berkala di bengkel resmi.

Jadi, per tahun pemilik cukup menyiapkan dana Rp782.000 untuk perawatan mobil listrik mungil ini.

Biaya lain yang harus dikeluarkan pemilik yang perlu dibayarkan per tahun hanya Rp385.500. Ditambah dengan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) sebesar Rp143.000. Sehingga totalnya menjadi Rp528.500.

Alhasil, jika ditotal secara keseluruhan, maka biaya kepemilikan mobil listrik Wuling Air Ev setiap tahunnya sangat terjangkau.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button