Gaya Hidup

Wamendag beri apresiasi dan dukungan untuk gelaran “DIX 2023”


Jakarta (ANTARA) – Wakil Menteri Perdagangan Republik Indonesia Jerry Sambuaga menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap ajang pameran internasional kategori olahraga selam, olahraga air, olahraga esktrem, dan outdoor adventure itu.

“Saya mengapresiasi acara seperti ini dan saya mengucapkan terima kasih atas selama ini kolaborasinya dengan Kemendag. Dan yang pasti yang ingin saya sampaikan, dalam hal program, dalam hal penyelenggaraan, dan dalam fasilitas, kami siap untuk membantu,” ujar Jerry saat dijumpai di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Kamis.

Hal itu disampaikan Jerry dalam upacara pembukaan “DEEP and EXTREME Indonesia (DXI) 2023”.

Lebih lanjut, Jerry juga menyampaikan bahwa neraca perdagangan Republik Indonesia yang salah satunya juga didukung oleh sektor pariwisata maupun olahraga berhasil mencapai angka surplus. Sehingga artinya, ekspor Indonesia saat ini lebih besar daripada impor.

Baca juga: Ada fasilitas menyelam gratis di DXI 2019

“Angkanya nggak sedikit. Jadi kalau ada yang bilang import kita lebih besar itu tidak tepat. Ekspor kita jauh lebih besar dan di Desember 2022 angkanya mencapai 54,46 miliar dolar, tertinggi sepanjang Indonesia merdeka,” terang Jerry.

“Ini semua bukan hanya kerja keras Kemendag, tapi semuanya termasuk sektor-sektor lain yang menunjang dan memberikan kontribusi terhadap perdagangan,” imbuhnya.

Oleh sebab itu, Jerry memaparkan bahwa dirinya yakin banyak sektor-sektor termasuk olahraga yang bisa berkontribusi dalam perdagangan, sehingga pihak Kemendag pun siap mendukung gelaran DXI 2023 dalam bentuk apapun.

“Saya yakin kalau kita bicara soal olahraga atau apapun, banyak sektor-sektor yang bisa dikontribusikan ke perdagangan. Jadi Kemendag siap mendukung dalam bentuk apapun. Kami siap berkolaborasi dan memfasilitasi khususnya dalam kegiatan olahraga dan kegiatan lain yang bisa menunjang serta bisa memberikan kontribusi secara signifikan,” ujarnya.

Tahun ini, DXI 2023 mengusung tema “The Ultimate Thrill”. Menurut Presiden Direktur PT Exhibition Network Indonesia, Dharmawan Susanto, tema ini dipilih untuk kembali mendukung para pegiat olahraga ekstrim yang mulai kembali setelah pandemi.

“Tahun ini kami mengusung tema “The Ultimate Thrill”. Ultimate Thrill yang kita pilih karena setelah masa pandemi banyak yang sudah berkecimpung kembali di dalam kegiatan outdoor yang menyangkut dengan sensasi adrenalin,” ujar Dharmawan.

DXI 2023 yang akan digelar hingga tanggal 4 Juni ini akan menjadi wadah bagi para komunitas pecinta olahraga untuk saling bertukar pengalaman, berbelanja, serta mengakses berbagai informasi dan destinasi yang berkaitan dengan aktivitas wisata ekstrem, menyelam, dan outdoor adventure.

Project Manager DXI 2023 Wila Sumampouw mengatakan DIX tahun ini memperluas kategori outdoor adventure dengan lebih menguatkan olahraga ekstrim sebagai bagian dari industri petualangan outdoor berbasis laut dan darat di Indonesia.

Wila juga mengatakan bahwa melalui DXI 2023 pihaknya berharap dapat berkontribusi memulihkan perekonomian sektor pariwisata Indonesia khususnya diving, outdoor adventure dan wisata bahari. 

Tak hanya berbelanja dan mengakses berbagai informasi, DXI 2023 juga akan menghadirkan talkshow, seminar, sharing dari komunitas, berbagai variasi produk dan paket-paket destinasi petualangan outdoor untuk para pencinta olahraga Scuba Diving, Freediving, Paddling, Kayaking, Fishing, Surfing, Surfskate, Mountain Bike & Motor Adventure.

Selain itu, akan ada berbagai kegiatan menarik untuk menghibur para pengunjung, diantaranya Scubex (Scuba Experience), Underwater Photo Talks, Children Ocean Costume Contest, Adventure ShootOut, Surfer’s Wave Bank, dan Indoor MTB Park.

Pengunjung juga bisa mendapatkan harga spesial berbagai peralatan selam, aktivitas alam, olahraga air, olahraga ekstrim, peralatan fotografi, gawai, aksesoris serta pendukung aktivitas perjalanan wisata sampai kegiatan outdoor dan door prize. 

Tiket DXI 2023 dapat dibeli secara daring sebelum acara dengan jadwal yang akan diinformasikan lebih lanjut melalui laman www.deepextremeindonesia.com. Tiket juga bisa dibeli langsung di tempat dengan harga Rp50 ribu per kedatangan dan Rp150 ribu untuk tiket terusan.

Baca juga: Pameran DXI 2023 hadir 1-4 Juni di JCC

Baca juga: Tips menyelam untuk pemula

Baca juga: PLN pun berpartisipasi di DXI 2019

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2023


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button