Teknologi

Spesifikasi Lengkap OPPO A12 – TabloidPULSA

Apakah kamu sedang menunggu produk OPPO yang harganya terjangkau? Kamu bisa nih coba OPPO A12 buat jadi bahan pertimbangan. Ponsel yang mengusung segmen entry-level ini hadir dengan spesifikasi dan juga fitur-fitur yang amat mumpuni buat menemani aktivitasmu sehari-hari.

OPPO adalah salah satu brand ponsel yang cukup unggul di pasaran. Begitu juga dengan serinya yang A12 dan punya kelebihan di sejumlah sektor tertentu. Walaupun begitu, sejumlah kekurangan pada ponsel ini pun perlu kamu pertimbangkan agar bisa menilai cocok atau tidaknya.

Nah, daripada kamu kelewat penasaran dengan ponsel OPPO yang satu ini, baiknya langsung deh cek kelebihan dan juga kekurangannya di sini.

Kelebihan Ponsel OPPO A12

Sebagai ponsel yang terkenal, OPPO terbilang punya track record yang jarang banget mengecewakan. Utamanya pada bagian desain bodi yang selalu jadi salah satu daya tarik yang amat menjual. Berikut ini kelebihan dari OPPO A12

1. Punya Slot Khusus Buat Memori Eksternal

Melihat ponsel keluaran baru, sepertinya dukungan pada memori eksternal secara perlahan mulai dihilangkan dan diganti dengan kapasitas memori internal yang amat besar.

Tapi, sebagian orang masih mendambakan hadirnya dukungan memori eksternal. Inilah yang jadi salah satu keunggulan dari ponsel A12 milik OPPO yang masih menawarkan slot khusus untuk microSD yang kapasitasnya sampai 256 GB.

Ponsel OPPO ini punya satu slot yang ada di sisi kiri bodi dan bersebelahan dengan tombol volume. Slot ini saat dibuka bisa menampilkan tiga tray serta dua tray buat kartu SIM. Selain itu satu lagi buat memori eksternal.

2. Kapasitas Baterai yang Besar

Hadir dengan baterai yang kapasitasnya 4230 mAh, tentu kamu bisa menjalankan beragam aktivitas pada ponsel dan durasinya memang cukup panjang. Kenyatannya baterai dengan kapasitas besar memang jadi faktor utama dalam sebuah ponsel.

Bagi kamu yang hobi binge-watching atau suka banget main game seharian non-stop, maka kapasitas dari baterai OPPO A12 ini pun cukup menunjang kebutuhan. Kamu bisa main game sampai 8 jam dan streaming video HD sampai 17 jam sampai baterainya habis.

Mengingat ponsel OPPO A12 ini tergolong dalam segmen harga menengah, maka baterai dengan kapasitas 4230 mAh ini memang memberikan value for money yang amat baik.

3. Terdapat Fitur Audio Dirac

OPPO menyematkan salah satu fitur yang cukup unik pada ponsel OPPO A12 yaitu Dirac audio yang fungsinya buat menyesuaikan kualitas audio dengan aktivitas yang tengah berjalan.

Kamu bahkan sudah tidak perlu melakukan apapun buat mengaktifkan fitur ini. Ketika bermain game, menonton film, ataupun mendengarkan lagi, maka fitur ini bisa secara otomatis berganti pada mode untuk menciptakan pengalaman baik untuk masing-masing aktivitas.

4. Ukuran Layar yang Cukup Lebar

Demi memperoleh experience yang cukup mengesankan, sudah banyak produsen HP yang saat ini berlomba-lomba buat menanamkan layar dengan ukuran besar pada produknya.

Hal ini terlihat dari OPPO A12 yang punya ukuran layar sentuh kapasitif 6,22 inci yang akan memenuhi seluruh bagian depan ponsel. Sementara itu, kaca pelindung Gorilla Glass 3 ini hadir buat menjaga layar dari adanya goresan.

Layar ini bakal mempercantik tampilan dari bodinya juga yang disertai dengan meletakkan kamera depan yang berbentuk poni dan bezelnya tipis. Hasilnya, OPPO A12 bisa memberikan kesan modern dan juga bikin ponsel ini nampak lebih berkelas.

5. Punya Fitur Face Unlock

Harga yang terjangkau pasti masih perlu menyematkan fitur yang terbari seperti ponsel A12 yang nggak mau ketinggalan dengan menambahkan fitur Face Unlock. Selain menawarkan sensor sidik jari pada bagian belakang, ponsel A12 ini pun bisa mengenali wajamu lewat sensor yang bertenagakan Ai dengan deteksi 128 biometric point.

Bahkan, sensor wajah yang ada dalam ponsel ini bisa membuka layar dalam waktu 0,08 detik saja. Tentunya fitur Face Unlock yang tersedia dalam ponsel ini juga akurat sehingga kamu sudah nggak perlu khawatir mengenai masalah keamanan.

6. Desain Bodi Unik

Seperti yang telah bisa diekspektasikan dari ponsel besutan OPPO, desain dari bodinya memang punya daya pikat tersendiri. Ponsel A12 ini hadir dengan desain bodi belakang yang punya aksen berlian serta dua varian warna yang bisa kamu pilih yaitu hitam dan juga biru.

Desain belakangnya pun nampak seolah dibuat dari berlian sesungguhnya. Bahan materialnya pun bukan bahan yang glossy sehingga menjadikan ponsel ini lebih tahan dari goresan dan nggak gampang lepas ketika kamu memegangnya.

Kekurangan OPPO A12

Jika melihat dari beragam kelebihan yang sudah kami jelaskan tadi, ponsel A12 nampak mampu buat menjawab keresahan dari konsumen yang memang jadi target pasarnya. Tapi bagaimana dengan kekurangannya? Berikut penjelasannya:

1. Layar Masih IPS LCD

Pada zaman modern ini, sudah banyak ponsel yang telah menggunakan layar jenis paling baru, seperti AMOLED. Layar AMOLED ini punya sejumlah keunggulan misalnya lebih hemat daya dan juga mampu menampilkan warna secara lebih akurat.

Sementara untuk layar IPS LCD yang dimiliki ponsel OPPO satu ini masih belum bisa menampilkan warna hitam yang sebenarnya. Bahkan ketika layar mati pun ia masih memancarkan backliht sampai masih ada daya yang tersedot dengan sia-sia.

Layar AMOLED pun punya rasio kontras yang jauh lebih baik. Padahal, sejumlah ponsel pada segmen harga yang sama bahkan telah ada yang muncul dengan layar super AMOLED.

2. Belum Mendukung Fast Charging

Belum bisa dipungkiri kalau ponsel A12 memang disertai dengan kapasitas baterai yang sangat tinggi serta performa yang bisa tahan lama. Tapi, tentu akan jauh lebih baik saat kamu bisa charge ponsel dalam waktu yang lebih singkat.

Inilah yang jadi salah satu kekurangan dari ponsel A12 yang belum mendukung kemampuan melakukan fast charging. Padahal, fitur ini memang hampir tidak pernah absen dari cukup banyak ponsel keluaran terbaru.

Terlebih lagi mengingat kapasitas baterai yang besar. Nah, untuk menjadikannya penuh tentu saja masih butuh waktu yang lebih lama apalagi dengan menggunakan pengecasan yang hanya sebesar 10W.

3. Hanya Memiliki Dual Camera

Walaupun kualitas dari gambar yang dihasilkan memang terbilang bagus, ponsel A12 ini hanya punya dua lensa aja di bagian punggungnya. Hal ini mungkin memang belum bisa dikatakan sebagai kekurangan. Tergantung dengan bagaimana caramu memaknainya.

Hanya saja, dengan fitur pada kamera yang ada masih terasa biasa-biasa saja saat dibandingkan dengan pesaingnya pada segmen harga yang sama. Sejumlah fitur kamera yang dapat digunakan seperti time-lapse photography, mode profesional, AR Stickers, mode potret, dan 6x digital zoom.

Perekamannnya pun mendukung video yang resolusinya 1080p. Selain telah dibekali dengan lensa utama yang besarnya 13 MP, pun juga ada lensa 2 MP jika kamu ingin mengambil gambar secara bokeh.

Padahal saat ini sudah banyak ponsel dengan harga dua jutaan yang telah hadir dengan triple dan quad camera. JIka kamu butuh ponsel ini dengan lensa tambahan ultrawide, maka ponsel ini jelas kurang cocok untuk kamu.

4. Tidak Disertai Android Terbaru

Banyak ponsel keluaran terbaru yang punya sistem operasi terbaru. Artinya, segala kemudahan juga keunggulan yang ada di Android 10 telah bisa dinikmati tanpa harus upgrade dulu. Hal ini tidak berlaku pada ponsel high-end tapi juga berlaku untuk kelas di bawahnya. Pada ponsel ini hanya ColorOS 6.1 saja.

Nah jika menggunakan Color OS 6.1 yang basisnya Android Pie ketika pertama kali rilis. Jadi bagi kamu yang memang ingin mendapatkan ponsel dengan sistem operasi terbaru dan lebih canggih, sepertinya kurang cocok jika ingin menggunakan dan mendapatkan ponsel Android dari OPPO keluaran yang ini.

Penutup

Bagaimana menurutmu setelah melihat sejumlah kelebihan juga kekurangan dari ponsel A12 ini?Ponsel ini cukup worth jika kamu punya kartu memori eksternal lama yang masih ingin kamu gunakan tanpa perlu mengorbankan slot kartu SIM 2. Sementara baterainya juga awet dan durasi pemakaiannya cukup lama.

Tapi sayang, belum ada fitur fast charging yang bisa mempersingkat waktu untuk charge. Tapi secara umum, ponsel ini sesuai dengan harganya.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button