Teknologi

Simak perubahan pada desain terbaru aplikasi WhatsApp


Jakarta (ANTARA) – WhatsApp memperkenalkan desain terbaru dengan menghadirkan sejumlah perubahan pada tampilan aplikasi di perangkat Android dan iOS.

“Sebagaimana produk yang terus tumbuh dalam fungsionalitasnya, desain (aplikasi) juga perlu berkembang. Kami ingin produk terasa lebih segar dan modern tanpa mengganggu inti dari fungsinya,” kata Head of Design WhatsApp Idit Yaniv dalam keterangan tertulisnya yang diunggah pada Kamis (9/5).

Dalam versi pembaruan ini, WhatsApp tetap mempertahankan warna hijau sebagai identitas aplikasinya, namun kini warna putih lebih mendominasi pada desain terbaru. Warna hijau hadir pada tulisan WhatsApp di bagian kiri atas yang kini menjadi lebih cerah dibandingkan warna hijau pada versi pendahulunya.

Baca juga: WhatsApp bagikan lima kiat jaga privasi chat

Selain pada logo WhatsApp, warna hijau juga tampil di ikon “Chats”, “Updates”, “Communities”, dan “Calls”. Untuk Dark Mode, WhatsApp menerapkan warna hitam yang lebih gelap jika lebih nyaman dilihat ketika di tempat minim cahaya.

Kemudian, WhatsApp juga menghadirkan desain baru pada ikon dan ilustrasi latar belakang di bagian chat.

Bagian bar navigasi pada aplikasi WhatsApp untuk Android kini dipindahkan ke bagian bawah, sengaja dirancang lebih dekat dengan ibu jari pengguna, jika menghadirkan pengalaman navigasi yang lebih cepat dan natural.

Baca juga: WhatsApp hadirkan fitur acara dan balasan pengumuman di Komunitas

Sementara untuk iOS, tampilan pada baki lampiran dapat diperluas yang memungkinkan pengguna bisa melihat fitur ini lebih jelas ketika ingin mengirim gambar, dokumen, lokasi, dan lain-lain.

Versi baru WhatsApp memperkenalkan fitur chat filter yang memudahkan pengguna dalam menemukan percakapan secara lebih cepat. Selain menampilkan semua percakapan, fitur yang terdapat di bagian atas ini akan mengelompokkan percakapan yang belum terbaca dan percakapan grup.

“Kami selalu terinspirasi oleh cara orang menggunakan WhatsApp untuk banyak aspek dalam kehidupan sehari-hari mereka dan (kami) akan terus merancang teknologi yang membantu mereka tetap terhubung,” tulis Idit.

Baca juga: WhatsApp uji coba fitur telepon tanpa perlu simpan kontak

Baca juga: WhatsApp tambahkan dukungan global untuk kunci sandi di iOS

Baca juga: WhatsApp kembangkan fitur mungkinkan pengguna atur kontak “Favorit”

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button