Gaya Hidup

Resep kaldu ikan kaya rempah, bantu jaga imun tubuh


Jakarta (ANTARA) –

Badan Kesehatan Dunia (WHO) sudah mengumumkan dicabutnya kondisi kedaruratan COVID-19, meski demikian menjaga imunitas tubuh tetap diperlukan mengingat masih adanya varian virus tersebut seperti Arcturus.

 

Salah satu upaya menjaga imunitas adalah dengan mengonsumsi makanan sehat kaya nutrisi yang berbahan dasar kaldu ikan. Kaldu bisa dibuat misalnya dari ikan tuna, tenggiri, mahi–mahi, kerapu, cakalang, kakap putih dan lainnya.

 

“Ikan tersebut memiliki keistimewaan karena kaya protein dan peptida (protein sederhana) yang mampu membuat virus tidak mampu berkembang biak,” kata Endang S. Sunaryo, pengamat gizi dan pangan dalam siaran pers pada Rabu.


Selain itu, ikan laut dalam kaya akan kandungan asam lemak esensial omega 3 dan omega 6, vitamin D, protein khususnya bioaktif peptida, hingga asam amino antara lain asam amino glutamat dan asam amino glutamin.

 

Oleh sebab itu, formula ikan kaya rempah yang diperkaya dengan cadangan Glutamat dan Glutamin dari MSG sangat tepat menjadi teman kuliner untuk memperkuat imunitas atau kekebalan tubuh.

 

Formula ini terdiri atas kaldu ikan kaya rempah dan pekatan ikan kaya rempah yang bisa dikreasikan menjadi beragam variasi menu masakan lezat.


Secara alami, asam glutamat ditemukan dalam 10-25 persen dari semua protein dalam makanan. Monosodium glutamat alami bisa ditemukan di hampir semua bahan dasar makanan, terutama makanan berprotein tinggi seperti keju, daging, ikan, seafood bahkan jamur dan beberapa sayuran seperti tomat dan rumput laut.

“Glutamat dan Glutamin ibarat saudara karena dalam tubuh Glutamat langsung dapat diubah menjadi Glutamin dan asam amino lainnya yang dibutuhkan. Selain itu sebagai asam Glutamat jumlahnya dominan yaitu lebih dari 60 persen dalam tubuh manusia dan juga di dalam otak manusia,” kata Endang.

Baca juga: Masako hadirkan varian anyar diklaim lebih rendah garam

 

Berikut resep kaldu ikan kaya rempah:

Bahan

– 2 liter air putih.

– Setengah kilo gram ikan dan setengah kilo gram fillet ayam (atau 1 kilo gram ikan jika tidak ingin menggunakan ayam).

– Tulang dan bagian kepala ikan yang sudah dibersihkan (jika menggunakan ikan).

– 100 gram bawang bombay, 50 gram wortel, dan 25 gram seledri (diiris dan dicuci bersih).

– Jahe, sereh, kayumanis, kapulaga, dan cengkeh (dibungkus kain kasa atau linen atau menggunakan bubuk yang telah dihaluskan)

– Sedikit garam (2 persen) dan MSG (10 persen).

Cara membuat

1. Masukkan semua bahan ke dalam panci atau slow cooker, dan masak dengan api kecil selama 30 menit jika hanya menggunakan ikan, atau 1-2 jam jika menggunakan ayam.

2. Setelah itu, pisahkan kaldu dan simpan di lemari es untuk penyajian kapan saja.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Siti Zulaikha
COPYRIGHT © ANTARA 2023


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button