Hiburan

Pusat Neuromuskular untuk Diagnosa Gangguan Saraf dan Otot

Pusat Neuromuskular untuk Diagnosa Gangguan Saraf dan Otot
Ilustrasi.(Freepik)

MANDAYA Royal Hospital meluncurkan Neuromuskular Center atau Pusat Neuromuskular di Tangerang, Banten, pada Sabtu (22/6) pagi. Ini menjadi layanan bagi gangguan saraf dan otot yang umum maupun langka atau rare disease.

“Pasalnya, sulit melakukan deteksi maupun diagnosa gangguan saraf dan otot atau neuromuscular disease di Indonesia. Diperlukan diagnosa yang tepat dan dokter yang ahli untuk memastikan pasien memperoleh pengobatan yang tepat,” ujar Presiden Director Mandaya Hospital Group dr. Ben Widaja, MBCHB (UK).

Dokter Subspesialis Neurofisiologi Klinis Neuromuskular Center dr. Luh Ari Indrawati, Sp.N., Subsp. E. K. K. (K) menambahkan beberapa gangguan saraf dan otot yang sering ditemukan semisal stiff person syndrome, saraf kejepit, myesthenia grafis, hingga ALS. 

Baca juga : Kenali Ramsay Hunt Syndrome yang Diderita Justin Bieber

Gangguan-gangguan ini memerlukan perhatian khusus karena pengobatannya yang masih sulit ditemukan di Indonesia.

Selain menyediakan dokter dan pengobatan, rumah sakit itu juga menyediakan teknologi terkini untuk memastikan pasien mendapatkan diagnosa yang tepat. Salah satunya ialah menghadirkan tes antibodi dan genetik untuk gangguan saraf dan otot yang langka.

Selain itu, rumah sakit juga bekolaborasi dengan Widaya Foundation dalam komitmennya membantu pasien dengan menyumbangkan dana total Rp500 juta. Ini khusus bagi pasien gangguan saraf dan otot yang mengalami kesulitan ekonomi. (Z-2)


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button