Politik

Mendes PDTT yakin Prabowo sebagai presiden terpilih berpihak pada desa


Jakarta (ANTARA) –

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar atau akrab disapa Gus Halim menyatakan keyakinannya atas Presiden terpilih RI Prabowo Subianto berpihak pada desa untuk mewujudkan desa yang maju dan sejahtera.

 

“Saya yakin Pak Prabowo sebagai presiden terpilih itu, saya tahu persis, beliau punya komitmen yang tinggi terhadap desa,” kata Gus Halim kepada wartawan di Jakarta, Sabtu malam.

Dengan keberpihakan itu, ia pun meyakini program Kemendes PDTT yang baik akan dilanjutkan pelaksanaannya oleh pemerintah di bawah pimpinan Prabowo.

“Program bagus itu pasti berlanjut,” ucap dia.

Hal tersebut dia sampaikan untuk menanggapi pertanyaan wartawan mengenai nasib keberlanjutan program Kemendes PDTT pada pemerintahan periode berikutnya atau periode 2024–2029.

 

Menurut Gus Halim, salah satu program dari Kemendes PDTT yang baik dan berpotensi dilanjutkan pelaksanaannya oleh pemerintah periode berikutnya itu adalah bimbingan teknis (bimtek) untuk kader digital desa. Bimtek tersebut bertujuan meningkatkan kapasitas kader digital dalam memahami program Desa Cerdas.

 

Program Desa Cerdas merupakan konsep pendekatan pembangunan yang mendorong desa untuk melakukan transformasi pemanfaatan teknologi dan ditujukan untuk meningkatkan kualitas layanan dasar serta membangun desa berbasis pemberdayaan masyarakat yang inklusif dan berkelanjutan melalui peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM).

 

Sebelumnya pada 24 April 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih hasil Pilpres 2024.

 

Penetapan tersebut tertuang dalam berita acara nomor 252/PL.01.9-BA/05/2024 tentang Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih dalam Pemilihan Umum Tahun 2024.

 

Pada masa kampanye Pilpres 2024, Prabowo-Gibran telah menyampaikan kepada publik mengenai sejumlah visi, misi, dan program yang di dalamnya ikut menyoroti desa. Dari delapan misi yang dipaparkan pasangan Prabowo-Gibran, di antaranya akan memulai pembangunan dari desa dan dari bawah untuk pemerataan ekonomi dan pemberantasan kemiskinan.

 

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button