Gaya Hidup

Perbedaan sunscreen dan sunblock, jangan sampai salah pilih


Jakarta (ANTARA) – Mengoleskan sunscreen atau tabir surya ke kulit wajah, merupakan salah satu cara paling ampuh untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Namun, dalam dunia perawatan kulit, kita juga sering mendengar istilah sunblock.

Meskipun keduanya memiliki tujuan untuk melindungi kulit dari efek berbahaya sinar ultraviolet (UV), sunscreen dan sunblock memiliki perbedaan yang signifikan dalam cara kerja juga komposisi bahan-bahannya. Mengetahui perbedaan antara keduanya akan membantu kita dalam memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan kulit.

Sunscreen: menyaring sinar UV

Sunscreen bekerja dengan cara menyaring sebagian paparan sinar UV yang akan menembus kulit. Sunscreen mengandung bahan kimia aktif seperti avobenzone, oxybenzone, dan octinoxate, yang bertugas menyaring sinar UV yang akan menembus lapisan kulit.

Sunscreen pada umumnya terasa lebih ringan dan transparan saat dioleskan pada kulit, sehingga cocok untuk digunakan sehari-hari sebelum penggunaan tata rias atau setelah menggunakan produk perawatan kulit lainnya.

Sunblock: menghalangi sinar UV

Sunblock, berfungsi sebagai penghalang fisik yang memantulkan sinar UV dari permukaan kulit. Sunblock mengandung bahan-bahan mineral seperti zinc oxide dan titanium dioxide, yang secara efektif menghalangi dan memantulkan kembali sinar UVA dan UVB.

Karena teksturnya yang lebih tebal dan sering kali meninggalkan residu putih di kulit, sunblock biasanya lebih terlihat dan bisa terasa berat dibandingkan sunscreen.

Kapan menggunakan sunscreen dan sunblock

​​​​​​​Memilih untuk menggunakan antara sunscreen dan sunblock tergantung pada kebutuhan dan aktivitas harian kita. Jika memiliki rencana untuk berada di luar ruangan dalam waktu yang cukup lama atau melakukan aktivitas yang melibatkan banyak paparan sinar matahari, sunblock mungkin menjadi pilihan yang lebih baik.

Di sisi lain, jika kita menginginkan perlindungan yang lebih nyaman dan ringan untuk penggunaan sehari-hari, sunscreen adalah pilihan yang tepat.

Dengan mengetahui perbedaan antara kedua produk tersebut kita bisa memilih produk yang tepat sesuai kebutuhan, baik sunscreen maupun sunblock dapat menjadi bagian efektif dari rutinitas perawatan kulit kita. Pastikan untuk selalu menggunakan produk ini secara rutin dan benar untuk menjaga kulit tetap sehat dan terlindungi sepanjang hari dari bahaya sinar ultraviolet (UV).

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button