Hukum

Pemkab Tolikara deklarasikan pemilu damai


Jayapura (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tolikara, Papua Pegunungan, mendeklarasikan pemilu damai dengan melaksanakan penandatangan Nota Kesepahaman bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bawaslu, tokoh agama, tokoh masyarakat dan partai politik (Parpol).

“Mari bersama¬† sukseskan Pemilu 2024, tetapi juga berkomitmen untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, menghormati keberagaman serta mewujudkan suasana aman, tertib dan damai selama penyelenggaraan pemilu,” kata Penjabat Bupati Tolikara Marthen Kogoya dalam siaran pers yang diterima Antara di Jayapura, Senin.

Menurut Kogoya, pihaknya meminta supaya andai pelaksanaan deklarasi pemilu damai tidak hanya menjadi slogan, tetapi betul-betul berasal dari kesungguhan hati demi terlaksananya pemilu yang aman, tertib, damai dan berintegritas.

“Kami berharap seluruh masyarakat Tolikara juga berkomitmen sehingga kompetisi politik tahun depan dapat berjalan aman dan damai,” ujarnya.

Dia menjelaskan selain itu, diharapkan supaya andai semua pihak dapat memberikan edukasi politik yang benar kepada masyarakat guna mencegah terjadinya konflik dan perpecahan karena politik bukan ajang untuk saling menjatuhkan atau menjelekkan satu sama lain.

“Untuk itu kepada instansi terkait bisa memberikan pendidikan politik yang baik dan etika politik yang benar bagi warga,” katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya memberikan apresiasi kepada pimpinan parpol peserta pemilu dan semua calon anggota legislatif yang telah berkomitmen untuk mewujudkan pemilu yang aman dan damai di Kabupaten Tolikara.

Kapolres Tolikara, AKBP Achmad Fauzan mengatakan pentingnya sinergi antara seluruh elemen masyarakat dengan pihak keamanan dalam mewujudkan pemilu yang demokratis, kondusif, aman, damai dan harmonis.

“Kami berharap sinergi antara semua pihak terus ditingkatkan dalam rangka menyukseskan pemilu dapat berjalan damai,” katanya.

Dia menambahkan dengan demikian maka ke depan Kabupaten Tolikara akan semakin nyaman sehingga pembangunan dapat berjalan aman dan lancar.

Sekadar untuk diketahui Pemkab Tolikara mendeklarasikan pemilu damai dengan melakukan penandatanganan nota kesepahaman bersama instansi terkait berlangsung di Karubaga pada Jumat (8/12).

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2023


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button