Teknologi

OASE Horizon W1, “smartwatch” ringan berfitur lengkap

Jakarta (ANTARA) – Di masa pandemi, jam tangan pintar (smartwatch) rasanya menjadi salah satu perangkat yang cukup banyak diminati saat ini untuk menemani berbagai aktivitas, mulai dari olahraga hingga waktu tidur.

Dengan berbagai fitur penunjang olah tubuh, smartwatch bisa menjadi pengingat dan membuat aktivitas fisik terasa lebih teratur dan menyenangkan, terutama dengan jam tangan pintar yang kompak dan ringan, namun memiliki fitur lengkap.

ANTARA berkesempatan untuk menjajal smartwatch entry level dari OASE, yaitu Horizon W1. Berikut ulasannya.

Baca juga: OASE rilis pembasmi nyamuk IL-M1 dan speaker bluetooth S3

Baca juga: Gawai dan aksesoris OASE diskon di Mega Sale 11.11

Desain

Jam tangan pintar yang dirilis pada April lalu ini memiliki desain yang sekilas mengingatkan dengan pendahulunya, yaitu OASE H12W, karena desainnya yang minimalis.

Body Horizon W1 menggunakan bahan Zinc Alloy berwarna hitam dengan ketebalan 12 mm. Sementara untuk layarnya, jam tangan pintar ini menggunakan IPS LCD dengan ukuran 1,28 inci. Layar HD touch screen perangkat pun memiliki resolusi 240 piksel dan dilindungi oleh 2,4D Tempered Glass.

Di dekat layar terdapat dua buah tombol yang tersusun secara vertikal. Untuk tombol bagian atas berfungsi sebagai tombol power atau tombol back. Sedangkan tombol yang berada di bawahnya digunakan untuk mengarahkan pengguna ke fitur Tracking Exercise.

Perangkat memiliki bentuk dan berat yang minimalis dan ringan. Perangkat terbaru ini memiliki berat 240 gram, dengan warna hitam pekat dan doff, serta dilengkapi dengan strap silikon berwarna senada.

Bentuknya yang simpel membuatnya nyaman digunakan, walaupun strap-nya mungkin bisa dibilang kurang fleksibel saat hendak dipasang atau pun dilepas dari pergelangan tangan.

OASE Horizon W1. (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Penggunaan dan performa baterai

OASE Horizon W1 harus dihubungkan dengan aplikasi bawaan bernama Glory Fit yang bisa diunduh di Google Play Store. Lebih lanjut, bluetooth di ponsel harus dinyalakan guna menghubungkan perangkat dengan aplikasi.

Jam memiliki baterai 160 mAh dan daya arus pengisian sebesar 5V. Pengisian dayanya juga terbilang cepat. Untuk mengisi daya penuh (dari kapasitas 10 persen), memakan waktu kurang dari dua jam.

Pemakaian sehari-harinya pun tergolong hemat dan awet. ANTARA biasanya hanya menghabiskan 5-20 persen dari baterai dalam satu hari untuk berbagai macam aktivitas mulai dari berolah raga, mendengarkan lagu, hingga di waktu tidur.

Baca juga: OASE hadirkan gerai resmi pertamanya di Indonesia

Fitur

Salah satu fitur andalan dari OASE Horizon W1 adalah pengukur suhu tubuh pintar (body temperature monitoring) yang bisa mendeteksi suhu tubuh secara real-time. Pengguna hanya perlu mengusap layar ke kanan dan menunggu sekira 10-20 detik untuk dapat melihat suhu tubuhnya saat ini.

Ada pun halaman fitur suhu tubuh berada di samping layar utama smartwatch. Terdapat dua informasi suhu, di mana ikon manusia menunjukkan suhu tubuh pengguna, dan ikon termometer menunjukkan suhu udara sekitar.

Selain pengukur suhu, Horizon W1 juga dibekali berbagai fitur kesehatan seperti pengukur tekanan darah, detak jantung, waktu serta kualitas tidur, dan lainnya. Hasil pengukuran dari seluruh fitur kesehatan ini dapat disinkronkan ke aplikasi, sehingga pengguna dapat memantau grafik kesehatannya dari hari ke hari.

Sebagai perangkat yang berfungsi menemani aktivitas kebugaran, smartwatch ini juga memiliki fitur Tracking Exercise, dengan setidaknya 24 mode latihan dan olahraga. Pengguna bisa memanfaatkan perangkat untuk memantau olahraga seperti berjalan (walking), lari (running), lompat tali (rope skipping), yoga, hingga berenang (swimming).

 

OASE Horizon W1. (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

ANTARA sendiri lebih banyak melakukan aktivitas berjalan dan berlari, dan perangkat berhasil bekerja dengan baik. Pengguna juga bisa melihat trek yang akurat dengan indikator kecepatan larinya.

Untuk mode berenang, pengguna tidak perlu khawatir perangkat akan rusak, karena perangkat ini memiliki peringkat IP67 yang diklaim tahan terhadap air dengan kedalaman satu meter selama 30 menit.

Pengguna juga bisa memantau kegiatan lain yang terintegrasi dengan ponsel seperti notifikasi pesan WhatsApp, Gmail, hingga musik.

Secara keseluruhan, jam tangan pintar ini bisa menjadi pilihan untuk menemani mobilitas sehari-hari dan menjaga disiplin untuk berolahraga, terlebih dengan berbagai pilihan mode olahraga dan fitur pendukung yang tersedia.

OASE Horizon W1 yang merupakan salah satu perangkat jam tangan pintar entry level yang cocok digunakan di masa pandemi ini tersedia dengan harga Rp699 ribu.

Baca juga: OASE rilis helm pintar Rider untuk kemudahan navigasi berkendara

Baca juga: OASE rilis Horizon W1 jam tangan pintar sporty dengan harga terjangkau

Baca juga: OASE siap rilis “smartwatch” Horizon W1 akhir April 2021

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button