Teknologi

Nintendo umumkan bakal tutup layanan perbaikan konsol Wii U


Jakarta (ANTARA) – Setelah mengungkapkan rencana menutup semua server layanan daringnya pada awal tahun ini, Nintendo kini mengumumkan akan segera menghentikan layanan perbaikan konsol Wii U.

Perusahaan gim yang berbasis di Jepang itu mengatakan bahwa layanan perbaikan Wii U dihentikan karena ketersediaan suku cadang yang sesuai dengan konsol tersebut akan segera habis.

“Periode penyimpanan suku cadang yang sesuai dengan peraturan layanan perbaikan telah berakhir sehingga segera setelah stok suku cadang saat ini habis, layanan perbaikan akan dihentikan,” tulis Nintendo dalam pengumumannya dikutip dari Engadget pada Minggu.

Baca juga: Nintendo tutup server online di konsol Wii U dan 3DS

Nintendo meluncurkan Wii U pada akhir tahun 2012 sebagai penerus dari konsol pendahulunya yakni Wii. Akan tetapi, performa penjualan Wii U dinilai kurang memuaskan di mana hanya terjual sebanyak 13,56 juta unit.

Konsol gim ini akhirnya digantikan oleh Nintendo Switch yang penjualannya ternyata jauh melampaui Wii U yakni sebanyak 141,3 juta unit.

Meskipun Wii U kurang populer di kalangan gamers, konsol tersebut memiliki beberapa gim populer yang diminati oleh penggemar antara lain “Mario Kart 8”, “Super Mario 3D World, “Super Mario Maker”, “Donkey Kong Country: Tropical Freeze”, “Pikmin 3” dan “Captain Toad: Treasure Tracker”.

Baca juga: Perlahan, toko digital Nintendo 3DS dan Wii U tutup

Diketahui pada bulan April 2024 lalu, Nintendo mengumumkan akan menutup server online pada Wii U dan 3DS sehingga mode permainan multi pemain melalui jaringan internet di dua konsol tersebut tidak lagi tersedia.

Dengan penutupan server itu maka beberapa gim seperti “Mario Kart 7” di konsol 3DS dan “Splatoon” di Wii U hanya bisa dimainkan dalam mode pemain tunggal atau multi pemain hanya saja tidak melalui jaringan internet.

Selain itu, gim “Super Mario Maker” juga secara efektif tidak bisa dimainkan karena fitur pencarian dan pengunduhan level buatan pengguna sudah tidak dapat diakses.

Sebelumnya, Nintendo juga telah menutup fitur toko digital di 3Ds dan Wii U pada tahun lalu yang membuat pemain tidak bisa berbelanja di eShop kedua konsol tersebut.

Baca juga: Nintendo tutup streaming video untuk Wii awal tahun depan

Baca juga: Electronic Arts sedang tidak produksi “game” Nintendo Wii U

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button