Ekonomi

Apa Itu QRIS Dinamis BRI? Lengkap dengan Cara Jadi Merchant

Suara.com – Quick Response Code Indonesian Standard atau disingkat QRIS (dibaca KRIS) kini sangat memudahkan sistem transaksi di banyak merchant. Berikut terdapat penjelasan mengenai apa itu QRIS Dinamis BRI.

Berdasarkan penjelasan dari laman resmi Bank Indonesia, QRIS merupakan standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code jika proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

QRIS adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code. Ini dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia jika proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Dikutip dari laman resmi BRI, QRIS Merchant Presented Mode (MPM) Dinamis sangat cocok untuk merchant skala usaha menengah dan besar atau dengan volume transaksi tinggi.

Dengan QRIS MPM Dinamis, merchant perlu memasukkan nominal pembayaran lalu mencetak kode QRIS dengan detail sesuai yang merchant masukkan sebelumnya. Pelanggan selanjutnya dapat melakukan scan QRIS untuk melakukan pembayaran.

Ilustrasi QRIS. (YouTube/Bank BRI)
Ilustrasi QRIS. (YouTube/Bank BRI)

QRIS terdapat dua jenis yaitu QRIS MPM Statis dan QRIS MPM Dinamis. Pada QRIS MPM Statis, merchant biasanya menyediakan atau memiliki QR Code yang sama serta tidak akan berganti untuk semua pelanggan.

QRIS MPM Dinamis atau QRIS Dinamis BRI adalah QR Code di-generate untuk setiap transaksi yang berbeda. Ini berarti setiap pelanggan harus melakukan scan QR sekali pakai.

Secara detail, QRIS Merchant Presented Mode (MPM) Dinamis sendiri merupakan kode QR dengan metode yakni kode QR dikeluarkan melalui suatu device seperti mesin EDC atau smartphone.

Merchant harus memasukkan nominal pembayaran terlebih dahulu, kemudian pelanggan melakukan scan QRIS yang tampil atau tercetak. BRI juga menyediakan API fitur notifikasi untuk pembayaran menggunakan QRIS MPM dinamis.

Cara menggunakan QRIS Dinamis BRI:

  • Merchant menampilkan QRIS pada layar atau cetakan struk
  • Pelanggan melakukan scan QR Code
  • Nominal transaksi akan muncul secara otomatis di smartphone pelanggan (pastikan bahwa nominal dan nama merchant sudah benar)
  • Transaksi sukses
Ilustrasi EDC BRI pada Merchant Pagi Sore. (YouTube Bank BRI)
Ilustrasi EDC BRI pada Merchant Pagi Sore. (YouTube Bank BRI)

Bagi pelaku usaha, mereka bisa mempermudah transaksi dengan mendaftar menjadi Merchant BRI. Beberapa produk merchant termasuk EDC + QRIS Dinamis, QRIS Statis, dan Online Acquiring BRI. Salah satu produk yang ada merupakan EDC Merchant. Dikutip dari laman resmi perusahaan, Mesin Electronic Data Capture (EDC) dapat digunakan untuk menerima transaksi pembayaran dengan menggunakan Kartu Debit, Kartu Kredit, Kartu BRIZZI, serta QRIS yang tentunya memudahkan transaksi, lebih cepat, dan terjaga keamanannya.

Sebagai merchant BRI, Anda dapat menerima semua jenis pembayaran, mulai dari Kartu Debit dan Kartu Kredit berlogo Visa, Mastercard, JCB dan private label BRI (GPN), Kartu BRIZZI, QRIS dan online acquiring. Berikut cara mendaftar menjadi merchant BRI melalui aplikasi BRImo:

  • Buka aplikasi BRImo
  • Isi Username dan Password
  • Pilih menu “Lainnya” > klik “Jadi Merchant”
  • Anda akan dihubungkan langsung ke website pendaftaran pada halaman jadimerchant.bri.co.id atau scroll ke bawah menu “Produk BRI”
  • Saat berada di website, klik “Daftar Sekarang” dan pilik produk merchant
  • Pastikan Anda sudah mempunyai rekening BRI dan isi data diri
  • Klik “Daftar Merchant”

Berikut ringkasan langkah terkait cara jadi merchant BRI:

  • Siapkan persyaratannya (NIK, rekening BRI, dan data pemilik usaha)
  • Daftar melalui kantor cabang, website, atau aplikasi BRImo
  • Tunggu dalam kurun waktu 14 hari setelah pengajuan pendaftaran. Tim BRI akan menghubungi Anda apabila persyaratan terpenuhi dan data sudah lengkap

Itulah tadi penjelasan mengenai apa itu QRIS Dinamis BRI, informasinya sangat jelas bukan?


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button